Ternyata Mudah Banget! Begini 3 Cara Agar Tikus Tidak Masuk Rumah, Simak Penjelasannya!

Jumat 24-05-2024,06:43 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Tikus, merupakan salah satu hama yang kerap membuat penghuni rumah risih dengan tingkah kotornya. 

Perilaku hama rumahan seperti tikus, biasanya mengotori segala permukaan barang di rumah. 

Tidak hanya itu, tikus juga bisa menularkan berbagai penyakit berbahaya. Penyakit-penyakit ini, tentunya dapat menular kepada penghuni rumah, salah satunya adalah hantavirus. 

Karena itu, demi mencegah tikus untuk masuk rumah, diperlukan informasi mengenai cara agar tikus tidak masuk rumah. 

Berikut ini adalah beberapa poin penjelasan tentang cara agar tikus tidak masuk rumah. Simak penjelasan dan pembahasannya berikut ini! 

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Berada di Dalam Lemari? Oh Ternyata Karena 5 Hal Ini, Cat Lovers Sudah Tahu?

1. Menjaga Kebersihan Dapur dan Ruang Makan

Hama rumahan seperti hama tikus, biasanya mencari makan pada malam hari. Karena itu, simpan makanan dalam wadah tertutup, dan jangan biarkan makanan terbuka di dapur atau ruang makan pada malam hari.

Jangan lupa untuk segera bersihkan sisa makanan dan remah-remah. Salah satu hal sepele yang dianggap remeh juga membiarkan piring kotor menumpuk di wastafel.

Buang sampah secara teratur dan gunakan tempat sampah dengan penutup yang rapat. Hindari menumpuk barang atau kertas di dalam rumah karena bisa menjadi tempat persembunyian tikus.

2. Tutup Semua Lubang

Sebelum bisa menutup semua lubang, pastikan untuk periksa seluruh rumah untuk menemukan celah atau lubang. Lubang dan celah bisa terletak di dinding, lantai, dan fondasi.

Pemilik rumah dapat menutup semua celah dengan bahan seperti baja wol, kasa logam, atau busa semprot yang mengeras. Jangan lupa untuk memastikan pintu dan jendela tertutup rapat saat malam hari.

Tutup ventilasi dengan kawat kasa dan pastikan pipa yang masuk ke rumah tidak memiliki celah di sekitar pipa. Karena jika masih ada celah, tikus dapat masuk dengan mudah. 

Pada intinya, tidak perlu menutup rapat untuk membuat tikus tidak bisa masuk. Hanya perlu menutup lubang dengan menyisakan bolongan kecil.

Kategori :