5 Rekomendasi Tanaman Alternatif Pengganti Abate Kimia, Lebih Aman Simak Selengkapnya

Kamis 20-06-2024,22:36 WIB
Reporter : Ditta Rosyalita
Editor : Ditta Rosyalita

Kedua, Kandungan minyak atsiri, flavonoid, saponin dan tanin berperan dalam membunuh larva penyebab DBD.

Minyak atsiri dapat menyebabkan desikasi yaitu keluarnya cairan tubuh secara terus menerus pada kulit serangga sehingga menyebabkan serangga mati karena kehilangan cairan tubuh.

Selain itu, minyak atsiri akan mempengaruhi saluran pencernaan larva dengan cara mematikan sel-sel dalam mesentron sehingga menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi kurang.

Ketiga, Kandungan metabolit sekunder yang dimiliki oleh daun kelor seperti alkaloid, tanin dam flavonoid dapat mempengaruhi sistem syaraf dan sistem pernapasan pada larva sehingga dapat menyebabkan kematian.

BACA JUGA:Berikut 5 Tips Memasak Daging Kambing Tanpa Takut Kolesterol dan Asam Urat Naik, Salah Masak Memicu Hipertensi

Sedangkan tanin dapat menurunkan intensitas makan yang berakibat terganggunya pertumbuhan serangga.

Semakin tinggi konsentrasi larutan ekstrak daun kelor, semakin banyak menyebabkan kematian larva. 

Keempat, Kandungan bahan aktif pada kulit jeruk nipis yang memberikan efek larvasida yaitu limonoid. Kandungan ini bekerja menghambat pergantian kulit pada larva.

Sebagai racun perut, limonoid dapat masuk ke dalam tubuh larva nyamuk Aedes aegypti dan masuk ke organ pencernaan sehingga diserap oleh dinding usus kemudian beredar bersama darah yang akan mengganggu metabolisme tubuh nyamuk sehingga akan kekurangan energi untuk aktivitas hidupnya sehingga mengakibatkan larva nyamuk kejang dan akhirnya mati.

BACA JUGA:OJK Siap Putus Bank Emok dan Bebaskan Masyarakat Kuningan dari Rentenir

Kelima, Daun lidah buaya mengandung saponin, flavonoid dan tanin.

Saponin dapat menghambat kerja enzim yang berakibat penurunan kerja alat pencernaan dan penggunaan protein bagi serangga.

Flavonoid merupakan senyawa pertahanan tumbuhan yang dapat bersifat menghambat saluran pencernaan serangga dan juga bersifat toksis.

Serangga yang memakan tumbuhan dengan kandungan tanin tinggi akan memperoleh sedikit makanan.

BACA JUGA:Model Penjualan Hewan Kurban di Kuningan, Jual Satu Pintu, Laku 160 Sapi Jelang Idul Adha

Akibatnya akan terjadi penurunan pertumbuhan. Semoga bermanfaat ya.

Kategori :