Masa Jabatan Raden Iip Hidajat Berakhir 4 Desember, Asda Toni : Sekda Terpilih Bisa Jabat Pj Bupati Kuningan

Masa Jabatan Raden Iip Hidajat Berakhir 4 Desember, Asda Toni : Sekda Terpilih Bisa Jabat Pj Bupati Kuningan

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kuningan, Toni Kusumanto bicara soal peluang sekda defenitif ditunjuk jadi Pj Bupati Kuningan. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Posisi Pj Bupati, Raden Iip Hidajat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Kuningan dipastikan bakal berakhir pada tanggal 4 Desember 2024 mendatang.

Sedangkan status Raden Iip Hidajat sendiri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan purna tugas atau pensiun tepat 1 Januari 2025. 

Karena akan berhenti di tanggal 4 Desember 2024, maka berdasarkan aturan tentunya bakal dilakukan penjaringan untuk memilih Pj Bupati Kuningan yang baru.

Pj Bupati yang baru akan bertugas hingga bupati defenitif hasil Pilkada Kuningan dilantik. Sesuai jadwal KPU, bupati terpilih akan dilantik di bulan Februari 2025.

BACA JUGA:Momen Sumpah Pemuda, Dandim Kuningan Ajak Generasi Muda Maksimalkan Potensi

BACA JUGA:Hormati Pengibaran Bendera, Pengendara Kompak Berhenti

BACA JUGA:Begini Respon Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia U-17

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kuningan, Toni Kusumanto mengatakan, berdasarkan aturan masa jabatan Pj Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat selesai pada tanggal 4 Desember 2024.

Setelah itu akan ditunjuk Pj Bupati yang baru sesuai usulan dari DPRD Kuningan dan juga pengajuan nama calon Pj Bupati dari Gubernur Jawa Barat.

"Peraturan mengatakan bahwa masa jabatan Pj Bupati habis pada 4 Desember 2024 dan bisa kembali diperpanjang. Namun karena Pak Pj Bupati pensiun dari PNS per 1 Januari 2025, maka kemungkinan beliau tidak diperpanjang sampai bupati terpilih dilantik. Namun bisa juga diperpanjang sampai akhir tahun. Itu semua tergantung dari Pemprov Jabar," papar Toni Kusumanto, Senin 28 Oktober 2024.

Toni juga menjelaskan bahwa mekanisme pengangkatan Pj Bupati tetap sesuai dengan aturan yang berlaku selama ini.

BACA JUGA:PSSI Tanggapi Timnas Australia U-17 yang Hanya Oper-operan Sejak Menit 60 Saat Lawan Indonesia

BACA JUGA:Menang 10-0, Nova Soroti Kelemahan Timnas U-17 Simak

BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang, Warung Milik Warga Kasturi Ini Roboh, Butuh Bantuan untuk Perbaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: