Myung-Bo Hong Jadi Pelatih Korea Selatan Jelang Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Prestasinya

Selasa 09-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Korea Selatan, menjadi salah satu negara yang menciptakan rumor kontroversial dalam proses putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Salah satu rumornya adalah Shin Tae-Yong yang dikabarkan kembali menjadi pelatih Korea Selatan. Rumor ini tentunya memberikan efek kejut yang sangat besar untuk para penggemar sepakbola Indonesia. 

Namun, rumor tersebut resmi sudah ditepis. Karena Myung-Bo Hong telah dikabarkan menjadi pelatih Korea Selatan. 

Tidak hanya Myung-Bo Hong jadi pelatih Korea Selatan, Timnas Korea Selatan juga tidak merespon rumor dari Shin Tae-Yong yang kembali melatih Timnas Indonesia. 

Masih menjadi nama yang asing bagi beberapa penggemar sepakbola Indonesia, ini dia beberapa pencapaian dan prestasi dari Myung-Bo Hong.

BACA JUGA:Gagal Bawa Pulang Shin Tae-Yong, Ini Profil Myung-Bo Hong, Sang Pelatih Baru Korea Selatan

Myung-Bo Hong, sebelum memulai karir pelatihnya, telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia sepakbola. Berasal dari Seoul, Korea Selatan, Myung-Bo Hong telah menjadi pemain sepakbola berposisi bek tengah yang telah bermain selama lebih dari 10 tahun.

Lahir pada tanggal 12 Februari 1969, mantan pemain sepakbola yang berposisi sebagai bek tengah ini telah bermain untuk lebih dari 5 klub sepakbola. Bukan hanya untuk klub asal Korea, Myung-Bo Hong juga pernah bermain di Amerika Serikat.

Setelah pensiun, karir kepelatihan Myung-Bo Hong telah dimulai sejak tahun 2005 dimana ia menjadi asisten pelatih Timnas Korea Selatan. Karir ini berlanjut hingga tahun 2013 sampai tahun 2014 dimana Myung-Bo Hong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Korea Selatan. 

Karena jam terbangnya yang tinggi inilah, Myung-Bo Hong kembali ditunjuk untuk menjadi pelatih Korea Selatan. 

BACA JUGA:Pernah Dilempari Telur, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Kini Diabadikan Sebagai Taman di Korea Selatan

Myung-Bo Hong sempat bermain untuk Timnas Korea Selatan sejak tahun 1990 hingga tahun 2002. Dalam periode empat kali Piala Dunia tersebut, Myung-Bo Hong berhasil mencetak 10 gol untuk Timnas Korea Selatan.

Prestasi ini tidak berhenti hingga disitu, Myung-Bo Hong juga berhasil menorehkan prestasi lain untuk Timnas Korea Selatan.

Saat tengah membawa nama Korea Selatan dalam Piala Dunia 2002, Myung-Bo Hong yang menjadi kapten tim kala itu sukses membawa Korea Selatan menuju Semifinal Piala Dunia.

Menghadapi Italia yang kala itu sedang berada dalam posisi "di atas angin", Timnas Korea Selatan berhasil menumbangkan salah satu tim "raksasa" Piala Dunia tersebut dengan skor 2-1.

Kategori :