Ini Daftar Nama Calon Plt Sekda Kuningan, Pemerhati: Plt Bupati Harus Punya Keberanian Tunjuk Nama

Senin 15-07-2024,07:42 WIB
Reporter : Agus Sugiarto
Editor : Agus Sugiarto

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM-  Pemerhati kebijakan publik, Drs Mubarok MSi menilai, dengan bakal majunyai  Dr H Dian Rahmat Yanuar MSi menjadi Calon Bupati Kuningan periode 2024-2029 yang akan diusung Partai Golkar, otomatis jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan) akan mengalami kekosongan.

Untuk itu Pj Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidayat  MPd hendaknya mulai dari sekarang sudah harus ancang-ancang  mempersiapkan penggantinya dari pejabat di lingkup Pemkab Kuningan.

Penyiapan pengganti ini bertujuan supaya tidak mengalami kekakuan dalam pelayanan publik (public service) khususnya melayani rakyat kuningan.

Apalagi kabarnya, ada sejumlah pejabat Eselon II di lingkup Pemkab Kuningan yang sudah melakukan pendekatan kepada Pj Bupati.

BACA JUGA:Football Is Not Coming Home, Inggris Takluk dari Spanyol di Final Euro 2024

Hal ini wajar-wajar saja karena jabatan birokrasi yang tertinggi di pemerintah daerah yaitu Sekretaris Daerah (Sekda).

"Ya sebaiknya Pj Bupati harus segera mempersiapkan pengganti Sekda Dian. Sebab tiba-tiba saja yang bersangkutan mengajukan cuti lantaran maju di Pilkada Kuningan. Siapa calon Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, saya kira Pak Pj Bupati lebih tahu siapa pejabat JPT Pratama yang pantas menjabat Plt Sekda," sebut Akademisi UIN SGD Bandung tersebut, Minggu 14 Juli 2024.

Mantan wartawan itu menyatakan, ada sejumlah pejabat JPT Pratama di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan yang tidak diragukan treck record kemampuannya.

Antara lain Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), U Kusmana SSos MSi. Uu, panggilan akrabnya telah mengalami perpindahan dua kali memimpin 2 SKPD. Yakni Kepala Diskopdagperin dan sekarang menjabat Kepala Disdikbud.  

BACA JUGA:Sudah Turun Harga, 3 Mantan Hp Flagship Harga 2 Jutaan Dengan Performa Dewa di Tahun 2024

"Pak Kadis Uu memilki kelebihan dan terkenal karena inovasinya. Banyak program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat ketika menjadi Kepala Diskopdagperin. Sedangkan di Disdikbud, dia sukses meluncurkan program pimpinan daerah menyapa siswa di sekolah (Pimda Nyawah), Gerbang Berkah, dan launching dua studio mini," papar Mubarok.

Calon Plt Sekda lainnya adalah Dr H Deni Hamdani MSi, Sekretaris DPRD Kuningan. Selain pendidikan S3, Deni juga malang melintang di dunia birokrasi Pemkab Kuningan.

Deni pernah menduduki  5 SKPD tanpa cacat. Yaitu Kasatpol PP, Kadis Perhubungan, Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinsos, serta sekarang menjabat Sekwan DPRD. 

"Pak Deni Hamdani pernah Diklat PKN 1. Pernah juga seleksi Sekda Kuningan dan masuk posisi 3 besar saat itu. Bukan hanya di Kuningan, Pak Deni juga pernah ikut Seleksi Sekda Jawa Barat masuk 5 besar dan seleksi Deputi Pemprov DKI serta masik posisi 4 besar," beber Mubarok.

BACA JUGA:Tidak Ada Orang Yang Tahu! Ternyata Ini 2 Manfaat Merawat Tanaman Hias Yang Belum Diketahui, Apa Saja?

Kategori :