Lika-liku Maarten Paes Nyangkut di CAS, Gagal Direkrut oleh Empoli, Kini Gagal Tanding Bareng Messi 

Kamis 25-07-2024,10:44 WIB
Reporter : Rafly Wahyu
Editor : Rafly Wahyu

RADARKUNINGAN.COM - Maarten Paes sampai sekarang masih jadi bahan perbincangan, sebab dirinya masih terikat dengan masalah yang belum kunjung menemukan titik terang. 

Kiper FC Dallas ini rupanya punya masalah yang ada kaitannya dengan hukum olahraga internasional, terutama hukum regulasi pemain. Yang mewajibkannya untuk diselesaikan via Court of Arbitration for Sport (CAS). 

Sementara itu, pria 26 tahun ini juga pernah dikaitkan dengan klub Empoli, bahkan digadang-gadang akan direkrut, namun sayangnya kini ia malah dibatalkan dan tidak jadi untuk direkrut.

Berhubung penjaga gawang 192 cm ini berkarir di Liga Amerika, dia turut serta masuk kedalam skuad jajaran MLS All-Star bersama Lionel Messi, tapi kabarnya ia gagal bertanding bersama la pulga.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Tidak Jemawa, Fokus Hadapi Tantangan Berat di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Seperti yang sudah diketahui bahwa kiper FC Dallas ini tertahan karena masalah bertentangan dengan aturan perpindahan federasi.

Aturan tersebut bersumber dari Statuta FIFA pasal 9 ayat 2b butir 3, dengan bunyi; "Pemain yang sudah membela kelompok umur, disarankan untuk pindah federasi sebelum batas usia yang ditentukan."

Batas usia yang ditentukan adalah sebelum 22 tahun, namun Paes terlambat pindah federasi karena pertandingannya dengan kelompok Belanda U21 tertunda karena ada Covid-19. 

Jadi, kiper 192cm ini gagal pindah federasi sampai bataas usia yang ditentukan, di usianya yang sudah 22 tahun, tapi status dirinya masih terikat dengan Belanda U21, imbas pandemi Corona. 

BACA JUGA:Lokasi Pusat Gempa Kuningan Jabar 25 Juli 2024, Belum Ada Laporan Kerusakan Bangunan dan Dampak Lainnya

Karena keterlambatan perpindahan federasi ini, Maarten Paes maka dianggap sudah sah jadi warga Belanda, karena pernah melakoni tugas di kelompok umur sampai batas usia yang ditentukan. 

Sementara itu, kiper FC Dallas ini pernah dirumorkan tengah ingin didatangkan oleh Empoli sebagai pemain pinjaman, namun transfer pinjaman ini dibatalkan oleh pihak klub Italia tersebut. 

Jika benar ia didatangkan oleh klub yang berlaga di Serie A tersebut, maka pengalaman yang dimiliki kiper 26 tahun ini bisa semakin lengkap, dari yang awalnya di Liga Amerika, sampai ke Liga Italia. 

Pihak Empoli rupanya tidak jadi mengaktifkan klausul peminjaman untuk Paes, karena negosiasi yang cukup alot. Dan akhirnya klub Serie A itu lebih tertarik merekrut kiper asal Kolombia. 

BACA JUGA:Indra Sjafri Susun Skuad Terbaik untuk Semifinal Piala AFF U-19, Jens Raven Mulai Dipercaya ?

Kategori :