Calon Plh Sekda Masih Dicari, Pj Bupati Raden Iip Sebut Semua Eselon II Pemkab Kuningan Punya Peluang

Selasa 30-07-2024,20:16 WIB
Reporter : Bubud Sihabudin
Editor : Agus Sugiarto

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM-j Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat mulai mempersiapkan pelaksana harian atau Plh Sekda Kuningan pasca disetujuinya  pengajuan cuti diluar tanggungan negara, Sekda H Dian Rachmat Yanuar.

Dian sendiri ternyata sudah mantap melangkah mempersiapkan diri untuk bersaing di kontestasi Pilkada Kuningan 2024. 

Pencarian sosok urgen dilakukan mengingat tugas strategis seorang sekretaris daerah, untuk membantu bupati.

Terutama dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian, pelaksanaan tugas perangkat daerah beserta pelayanan administratif. 

BACA JUGA:Nikmati Pesona Wisata Curug Cilengkrang Kuningan, Wisata Curug Yang Berbeda Dari Curug Lainnya!

Dijelaskan Iip, sosok Plh Sekda harus memenuhi kriteria aturan kepegawaian. Meliputi kepangkatan pengalaman strategi penanganan masalah di Kuningan.

Meski sempat beredar kabar ASN Eselon 2 yang bakal menjadi Plh Sekda, Iip menegaskan seluruh eselon 2 seperti para kepala dinas di Kuningan berpeluang menempati jabatan yang ditinggalkan H Dian Rachmat Yanuar. 

"Pencarian sosok Plh Sekda Kuningan sedang dalam proses.  Sosok yang dipilih akan direkomendasikan kepada Pj Gubernur Jabar dan Kemendagri," ujar Raden Iip, Selasa 30 Juli 2024 di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat. 

BACA JUGA:Jelang Laga Perdana Liga 1 2024/2025 Kontra PSBS Biak, Persib Bandung Terus Perkuat Chemistry

Sebelumnya, Sekda Dian mengungkapkan cuti diluar tanggungan negara telah diajukan sejak 18 juli dan disetujui Pj Bupati Kuningan. S urat tersebut diproses BKPSDM dan diteruskan ke BKN 

"Dengan berbagai pertimbangan, saya sangat terharu dengan bermunculannya dukungan masyarakat. Mereka secara sukarela memberikan dukungan supaya saya mencalonkan diri sebagai calon bupati Kuningan," kata Sekda Dian.

Senin, 29 Juli 2024 secara resmi, Sekda Dian menyatakan pamit dalam apel pagi yang digelar di halaman Sekretariat Daerah, Jalan Siliwangi Kuningan.

BACA JUGA:Mau Camping Sambil Menikmati Curug? Wisata Curug Sidomba Kuningan Bisa Jadi Solusinya!

Sebab per tanggal 1 Agustus 2024, Dian cuti diluar tanggungan negara (CLTN) karena akan maju di Pilkada Kuningan.  Momen 1 Agustus juga menandai dimulai proses politik Dian Rachmat Yanuar yang ingin mengabdi dengan cara lain.

Hingga hari ini, para pengamat politik dan publik masih dibuat penasaran kearah mana dan partai apa Dian Rachmat Yanuar akan berlabuh untuk menjadi bakal calon bupati. (*)

Kategori :