Selain Tahu, Inilah 5 Oleh-oleh Khas Sumedang yang Populer, Ada Apa Saja? Yuk Simak

Sabtu 03-08-2024,06:53 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Yuda Sanjaya

RADARKUNINGAN.COM - Selain terkenal dengan Tahu Sumedang yang populer, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat juga memiliki berbagai oleh-oleh khas yang tak kalah populer dan lezat.

Daerah yang kini dilintasi oleh Jalan Tol Cisumdawu itu, cocok menjadi tempat singgah untuk sekadar membeli buah tangan.

Beberapa di antaranya memiliki cita rasa unik dan keunggulan tersendiri yang membuatnya menjadi kuliner populer dan buruan para wisatawan. 

Jika Anda berencana mengunjungi Sumedang, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Sumedang.

BACA JUGA:Ini Analisa Gempa Bumi Menurut PVMBG, Ada Mekanisme Sesar Mendatar, Bangunan Harus Tahan Gempa

Berikut 5 ciri khas Sumedang yang populer selain tahu, ulasan singkat mengenai kelezatan dan keistimewaan masing-masing oleh-oleh tersebut.

1. Oncom Sumedang

Meskipun oncom Sumedang sudah dapat ditemukan di berbagai daerah, kelezatannya tetap belum tertandingi. Oncom Sumedang memiliki bahan baku yang sedikit berbeda dibandingkan varian oncom lainnya. 

Jika biasanya oncom terbuat dari ampas tahu, oncom Sumedang justru menggunakan campuran ampas ketela dan kacang tanah, memberikan rasa yang lebih gurih dan unik dibandingkan oncom lainnya.

BACA JUGA:Bukan CAS, Tapi Sidang di FIFA, Nasib Maarten Paes di Timnas Indonesia Diputuskan 18 Agustus 2024, Oh Ternyata

2. Ubi Cilembu

Produk unggulan lain dari Kabupaten Sumedang adalah ubi Cilembu, yang juga dikenal sebagai ubi madu, berasal dari Kecamatan Pamulihan. 

Dinamakan ubi madu karena saat dipanggang, ubi ini mengeluarkan getah lengket dengan rasa manis. Ubi Cilembu memiliki tekstur yang lebih pulen dan lembut dibandingkan ubi lainnya. 

Menjadikannya pilihan populer sebagai oleh-oleh karena daya tahannya yang lebih lama.

BACA JUGA:Rival Abadi Ketar-ketir Karena Pemain Timnas Indonesia U23 Akan Diturunkan Pada Kejuaraan AFF 2024

Kategori :