David da Silva, Ciro Alves dan Nick Kuipers Pemain Asing Persib Bisa Dinaturalisasi? Shin Tae-yong Menolak?

Kamis 15-08-2024,05:38 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM - Sebanyak 3 punggawa Persib Bandung seringkali dikaitkan dengan kebijakan naturalisasi di Timnas Indonesia.

Apalagi kontribusi mereka di level klub tidak main-main. Ada sosok David da Silva, Ciro Alves hingga Nick Kuipers.

Sayangnya, ketiga pemain tersebut tidak memiliki darah atau garis keturunan Indonesia. Sehingga tidak masuk dalam syarat naturalisasi pemain.

Shin Tae-yong dan PSSI juga lebih memprioritaskan kebijakan naturalisasi untuk pemain dengan garis keturunan maupun ikatan historis.

BACA JUGA:Pemain Legendaris Rusia, Aleksandr Mostovoy Kritik Pedas Uji Coba Timnas Rusia Melawan Vietnam dan Thailand

“Saya hanya menginginkan pemain dengan keturunan Indonesia (untuk dinaturalisasi) dan bukan yang tidak memiliki darah Indonesia. Itu bukan pemain dari warga negara lain yang pindah jadi warga negara Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Penjelasan tersebut terungkap di dalam  Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier yang telah tayang di YouTube, Selasa, 11 Januari 2022.

Sudah dua tahun lalu diucapkan oleh Shin Tae-yong, namun apakah akan berubah pendapat?

Pasalnya sudah lima tahun pemain asing Persib Bandung yaitu Ciro Alves, David da Silva dan Nick Kuipers berada di Indonesia.

BACA JUGA:Ketahui, Infinix Note 40X 5G Resmi Hadir dengan Layar 120Hz dan Kamera 108MP, Simak Penjelasannya

Lalu apakah pemain tersebut akan di Naturalisasi menjadi WNI Warga Negara Indonesia dan dapat bergabung dengan Timnas Indonesia?

Jika mengacu peraturan pasal 9 undang-undang Kewarganegaraan yang menyatakan bahwa; "Seseorang dapat dijuluki menjadi WNI ketika telah memenuhi beberapa syarat seperti telah berusia 18 tahun, sudah tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut."

Mengacu pada aturan tersebut, David da Silva, Ciro Alves dan Nick Kuipers memang bermain di Liga Indonesia.

Tetapi mereka tidak tinggal selama 5 tahun berturut-turut dan belum memenuhi syarat tinggal 10 tahun tidak berturut-turut.

BACA JUGA:Sempat Hilang Tanpa Kabar, Gelandang Persib Bandung Abdul Aziz Diam-diam Didaftarkan Persis Solo

Kategori :