Tanaman Bambu Ternyata Mampu Serap Karbon Dalam Jumlah Banyak, Simak Beberapa Manfaat Lainnya

Jumat 23-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Taufiq Urohman
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN.COM - Tanaman bambu yang ada di dekat rumah, ternyata mampu untuk menyerap karbon dalam jumlah banyak. Berikut manfaat lainnya.

Bambu adalah tanaman yang serbaguna, dapat digunakan untuk beragam keperluan, salah satunya adalah untuk pembuatan furnitur. 

Ada lebih dari 1.000 ragam jenis bambu dengan kisaran tinggi, warna, serta kebiasaan tumbuh yang berbeda-beda setiap jenisnya. 

Beberapa jenis bambu sangat menyukai tempat yang teduh, namun beberapa bambu jenis lainnya juga tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung yang cerah.

BACA JUGA:Dimana-mana Demo, Kuningan Kok Sepi Senyap

Ada juga varietas bambu yang kuat dapat bertahan pada suhu yang sangat dingin. Namun sebaliknya, ada beberapa jenis tidak dapat bertahan.

Kalau Anda sedang mencari tanaman untuk mengisi pekarangan rumah, bambu merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

Selain membuat pekarangan rumah menjadi teduh, bambu juga menawarkan beberapa manfaat. Berikut ini diantaranya:

1. Tahan terhadap hama 

Bambu jarang sekali diganggu oleh para hama serangga, kecuali tungau bambu, yang menjadi masalah di daerah yang beriklim kering.

BACA JUGA:Kembali Berulah, Kuwu Linggarjati Diduga Lakukan Lagi Penggelapan Dana Aset Desa

Tidak hanya itu, bambu merupakan salah satu tanaman yang tahan terhadap serangan para hama, sehingga tidak perlu perawatan yang khusus untuk mencegah tanaman bambu dari serangan hama.

2. Penyerap karbon yang efektif 

Tanaman bambu mampu menyerap sejumlah besar gas dari rumah. Karena pertumbuhannya yang begitu cepat, bambu sangat berguna untuk menyerap karbon yang berlebihan.

Satu tanaman bambu tropis raksasa yang baru ditanam mampu menyerap 2 ton karbon dioksida hanya dalam 7 tahun.

Kategori :