Bantu UKM, Bumdes dan Desa Wisata Kuningan Naik Kelas, Comdev Universitas Prasmul Terjunkan 900 Mahasiswa

Rabu 09-10-2024,18:42 WIB
Reporter : Agus Sugiarto
Editor : Agus Sugiarto

RADARKUNINGAN.COM- Potensi wisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kuningan yang besar menjadi bahan kajian dan penelitian para mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) Tangerang dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024.

Manager Pusat Pengembangan Usaha Kecil (PPUK) Universitas Prasetiya Mulya Faizal Ahmad mengatakan, kegiatan KKN mahasiswa bertajuk Community Development (Comdev) ini akan melibatkan sebanyak 900 mahasiswa dari tiga fakultas.

Yakni Sekolah Bisnis Ekonomi, Sekolah Hukum dan Studi Internasional dan Sekolah STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics).

Para mahasiswa tersebut, kata Faizal, bakal melakukan penelitian sekaligus pendampingan terhadap para pelaku UMKM di tujuh kecamatan di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Tim Pemenangan Pasangan ASIH Resmi Dikukuhkan, Diketuai Ahmad Heryawan

BACA JUGA:Kebakaran Hebat di Luragung, Penghuni Rumah Sedang Tidur Ketika Api Berkobar

BACA JUGA:Pasangan ASIH Dapat Dukungan dari Paguyuban Keluarga Minang

Yaitu di Kecamatan Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya, Cigugur, kadugede Nusaherang dan Darma.

"Kami sudah melakukan survei dan menyeleksi para pelaku UKM di tujuh kecamatan yang akan mendapat pendampingan dari mahasiswa kami dalam program Comdev Prasmul 2024 ini. Dalam program Comdev ini diharapkan para mahasiswa dapat berkolaborasi dengan mitra UMKM dan desa wisata di Kabupaten Kuningan agar semakin berkembang sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat," ungkap Faizal di Kuningan belum lama ini.

Adapun program Comdev Universitas Prasmul tahun ini, lanjut Faizal, akan dilaksanakan selama enam bulan ke depan.

Nantinya, para mahasiswa Prasmul yang kini duduk di bangku kuliah semester 6 ini akan terbagi dalam 116 kelompok untuk melakukan pendampingan terhadap 73 UMKM dan 24 desa wisata dan Bumdes di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:30 Kambing Terpanggang di Kuningan, Kebakaran Selepas Magrib, Baru Diketahui Tengah Malam

BACA JUGA:Dinasti Kaluhuran Galuh Pakuan Padjadjaran Dukung Pasangan ASIH

BACA JUGA:Indonesia vs Bahrain, Fakta: Skuad Garuda Tajam di Kandang Lawan

"Para mahasiswa akan melakukan pendampingan kewirausahaan kepada para pelaku UMKM, Bumdes dan Desa Wisata di tujuh kecamatan tersebut. Mahasiswa bersama dosen membantu mitra mengembangkan bisnisnya lewat pendekatan manajemen strategi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional dan manajemen pemasaran dengan harapan bisa naik kelas dan tumbuh berkembang," paparnya.

Kategori :

Terpopuler