Open Bidding Diumumkan Pekan Depan

Open Bidding Diumumkan Pekan Depan

KUNINGAN – Tidak lama lagi, pejabat eselon III yang memenuhi syarat dan ingin promosi menduduki jabatan tinggi pratama (JPT) bisa ikut lelang jabatan atau open bidding. Pasalnya, Bupati H Acep Purnama SH MH menegaskan jika pengumuman terkait open biding bagi kepala SKPD akan dilakukan pekan depan.

Open biding ini dikhususkan untuk mengisi kekosongan pimpinan di 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lantaran ditinggal pensiun atau pindah ke posisi lainnya. Tercatat ada 10 SKPD yang kosong pasca digelarnya rotasi dan mutasi oleh Bupati Acep, Rabu (8/1). Bupati sendiri memerlukan open bidding untuk menentukan siapa saja pejabat eselon III yang tepat menduduki jabatan kepala SKPD.

Menurut bupati, open bidding menjadi pilihan untuk penempatan pejabat eselon IIb karena sesuai dengan aturan. Agar pelaksanaan open bidding bisa segera dimulai, pekan depan akan diumumkan oleh BKPSDM.

“Mulai Senin kita umumkan, pengumuman nanti dua minggu. Sambil mengumumkan open bidding dan ini berlaku untuk semua pejabat se-Indonesia, kita juga persiapkan tim seleksi (pansel) yang berasal dari akademisi dan pejabat Pemprov Jawa Barat,” kata Bupati Acep saat memberikan keterangan persnya, Kamis (9/1).

Pihaknya memperkirakan, proses open bidding, seleksi, hingga adanya pelantikan pejabat baru akan berlangsung selama dua bulan. Setelah itu dimungkinkan akan kembali mengadakan mutasi ataupun rotasi agar semua jabatan struktural terisi.

“Saya perkirakan untuk open bidding termasuk nanti masuk dalam seleksi, pelantikan, hingga penugasan kurang lebih dua bulan. Baru setelah ada, nanti yang terpilih atau naik jabatan itu kan jabatan yang ditinggalkan kosong, nanti kita isi lagi,” ungkapnya.

Dia meyakini, jabatan struktural di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kuningan akan terisi penuh pada pertengahan tahun ini setelah proses open bidding rampung.

“Jika tidak ada halangan, akan selesai di pertengahan tahun ini. SKPD yang kosong bisa terisi melalui open bidding. Kemudian jabatan eselon III yang kosong lantaran pejabatnya promosi, tentu akan diisi dari eselon IV. Kemudian jabatan eselon IV yang kosong, diisi dari pelaksana,” tuturnya.

Sementara itu, rencana pengumuman pembukaan open bidding disambut antusias pejabat eselon III. Mereka beranggapan, semakin cepat dilaksanakan, akan membuka peluang untuk promosi.

“Kami sih senang saja jika segera dilakukan proses open bidding. Sebab kami bisa melihat di mana kami cocok ikut seleksi. Jadi, jika open bidding digelar dalam waktu dekat, kami sudah siap. Dan persaingannya juga berlangsung ketat. Semoga saja kami bisa segera mengikuti open bidding biar cepat promosi,” ungkap sejumlah pejabat eselon III. (ags)

 

SKPD YANG DIJABAT PLT

1. Dinas DPrPP                        HM Ridwan Setuawan

2. Dinas Kesehatan                  H Raji MMKes

3. Dinas Lingkungan Hidup      H Amirudin

4. Bappeda                               Usep Sumirat

5. Sekretaris DPRD                  Aa Subagja

6. Disporapar                            Jaka Chaerul

7. DPMD                                   Deniawan

8. Dinas Sosial                         Teddy Suminar

9. Staf Ahli Bupati                    H Nana Sugiana

10. Direktur RSUD 45              dr Deki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: