KH Asep Maoshul Tampung Keluhan Petani Sukamukti

KH Asep Maoshul Tampung Keluhan Petani Sukamukti

KUNINGAN – Anggota DPR RI Fraksi PPP dari Dapil Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran) KH Asep A Maoshul Affandy, kembali menggelar kegiatan reses di Kuningan.

Anggota DPR RI yang duduk di Komisi IV ini, bertemu sejumlah elemen masyarakat di Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana, Senin (25/1). Salah satunya ia bertemu sejumlah petani di desa tersebut.

Selain itu, KH Asep juga bertemu sejumlah tokoh, di antaranya dari kalangan pesantren. Ia pun menggelar pertemuan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang berlangsung di ruang serbaguna Pondok Pesantren Riyadul Huda Al-Amin, Dusun Wage 2 RT 21/06 Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula para petani desa setempat, tokoh masyarakat, dan juga tokoh agama. Kegiatan ini tak lain dalam rangka menyerap aspirasi dari para petani dan juga unsur lainnya.

Sebagai anggota DPRD Komisi IV yang salah satunya membidangi pertanian, KH Asep menampung banyak harapan serta keluhan dari para petani setempat. Salah satunya terkait kelangkaan pupuk.

Atas berbagai keluhan dari para tersebut, KH Asep menekankan kepada peserta yang hadir, di saat kondisi seperti ini agar ada kemandirian yang harus menjadi hal utama bagi para petani. Dalam hal ini ia menekankan agar para petani tidak ada ketergantungan pupuk, yakni pupuk kimia.

“Petani kita harus mandiri. Mandiri di sini di antaranya para petani bisa terlepas dari ketergantungan terhadap pupuk kimia. Kita bisa kembali ke pupuk organik,” pesan Kiai Asep.

“Saya kira pupuk organik lebih baik, tentu dengan keilmuannya. Tanah tidak cepat rusak, unsur hara bertahan lama. Dan sudah barang tentu pupuk organik ini murah dan mudah didapat,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, pupuk organik yang bisa kembali digunakan oleh para petani, yakni pupuk kandang. Sebab, dengan rutin dan rajin mengolah pupuk kandang tersebut, kata Kiai Asep, maka pupuk tersebut bisa menjadi pupuk kompos yang berkualitas.

Namun begitu, Kiai Asep Maoshul akan memperjuangkan aspirasi para petani di DPR RI, salah satunya terkait adanya kelangkaan pupuk. “Insya Allah saya akan sampaikan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian, mengenai keluhan dan harapan masyarakat (petani) ini,” ucapnya.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, KH Asep Maoshul juga berkesempatan meninjau langsung proses penanaman sejumlah tanaman, di antaranya bawang daun dan seledri. Di lokasi bercocok tanam, ia juga bertemu langsung dengan para petani, sekaligus kembali menampung aspirasi.

“Para petani ini mempunyai harapan untuk pengembangan sarana dan prasarana pertanian, seperti jalan akses peranian, alat mesin pertanian, dan sebagainya. Aspirasi ini telah kami tampung, dan insya Allah akan kami sampaikan kepada pihak terkait,” pungkas Kiai Asep. (muh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: