Jumat Berkah, Pemuda Desa Karangmangu Bagikan Sayuran untuk Warga

Jumat Berkah, Pemuda Desa Karangmangu Bagikan Sayuran untuk Warga

KUNINGAN-Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai menggerakkan para pemuda Dusun Pahing, Desa Karangmangu, Kecamatan Kramatmulya, menggelar kegiatan sosial membagikan sayuran gratis untuk warga, Jumat (12/3) pagi.

Dalam kegiatan Jumat Berkah yang digelar perdana ini, para pemuda membagikan paket sayur mayur tidak hanya untuk warga setempat, namun juga untuk yang kebetulan lewat termasuk warga Desa Cikaso di seberang jalan. Paket yang dibagikan gratis tersebut berisi sayuran seperti cesin, tomat, timun ditambah tempe, ikan asin, mi instan dan telur.

Aksi bagi-bagi sayuran ini pun mendapat sambutan antusias warga yang berduyun-duyun datang ke Pos Kamling Dusun Pahing tempat pelaksanaan giat sosial tersebut. Untuk ketertiban dan keamanan, pihak panitia pun harus mengatur jarak antrean warga sesuai protokol kesehatan tanpa lupa mewajibkan masker bagi warga yang datang.

\"Kalau ada yang tidak pakai masker karena lupa, kami sudah sediakan masker gratis. Untuk keamanan juga kami dibantu petugas Babinsa untuk memastikan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker dan jaga jarak,\" ungkap Saprudin selaku koordinator aksi Jumat Berkah kepada Radar.

Saprudin menambahkan, kegiatan bagi-bagi sayur gratis ini merupakan bentuk kepedulian para pemuda Dusun Pahing, Desa Karangmangu, untuk masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menurutnya, pandemi yang sudah berlangsung setahun lebih ini mulai berdampak pada perekonomian masyarakat seperti terkena PHK, usaha bangkrut hingga berkurangnya pendapatan.

\"Mudah-mudahan kegiatan para pemuda membagikan paket gratis berisi sayuran dan lauk pauk sederhana bisa sedikit meringankan beban para ibu rumah tangga. Setidaknya sehari atau dua hari ini mereka tidak usah belanja,\" ujar Saprudin.

Saprudin menjelaskan, jumlah paket sayuran yang dibagikan tersebut sebanyak 100 bungkus. Semua bahan yang terkumpul, kata dia, merupakan hasil sumbangan para donatur warga Dusun Pahing dan ada juga dari desa tetangga seperti Cikaso yang peduli terhadap para tetangganya.

\"Alhamdulillah, ada 100 paket yang kami bagikan hari ini. Ada yang menyumbang tomat sebanyak satu peti ada juga yang menyumbang dalam bentuk uang. Ini kegiatan perdana kami, Insya Allah akan menjadi kegiatan rutin setiap hari Jumat,\" ujar Saprudin.

Sementara itu, salah satu warga bernama Santi mengaku terbantu dengan kegiatan sosial para pemuda tersebut. Menurutnya, kondisi pandemi telah berdampak pada perekonomian keluarganya sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun sekarang harus menghemat.

\"Alhamdulillah, bantuan sayuran gratis ini sangat membantu kami sehingga tidak usah belanja hingga dua hari ke depan. Wabah corona membuat kami kerepotan segalanya. Semoga pandemi ini segera berakhir,\" ujar Santi. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: