Pengurus Baru Kopma Arya Kamuning Dilantik

Pengurus Baru Kopma Arya Kamuning Dilantik

KUNINGAN – Sebanyak 48 pengurus Koperasi Mahasiswa (Kopma) Arya Kamuning Periode 2021-2022 resmi dilantik oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr H Dikdik Harjadi SE MSi, di Gedung Student Center Iman Hidayat, kemarin (14/4).

Rektor Uniku Dr H Dikdik Harjadi menyampaikan selamat kepada pengurus baru Kopma yang telah dilantik. Dikdik yang menjadi bagian sejarah berdirinya Sekretariat Kopma Arya Kamuning Uniku, bercerita bagaimana dahulu proses perjalanan Kopma Uniku hingga sekarang.

“Gimana mau terlihat Kopma Uniku, sekretariatnya juga tidak terlihat dan jarang dilalui oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku. Pada saat masih Wakil Rektor III, saya menggagas untuk menempatkan Sekretariat Kopma Uniku di tempat yang sekarang, yakni di Kompleks Kopma Uniku di depan, Area Kantin Corner Uniku,” katanya.

Dikatakan, ada dua peran Kopma Arya Kamuning Uniku, yakni menjadikan Kopma sebagai media pembelajaran, bagaimana berorganisasi dan mengelola koperasi dengan baik. Lalu, mencari pengalaman berorganisasi, untuk bagaimana cara untuk mengaktifkan, mengembangkan dan meningkatkan Kopma Arya Kamuning Uniku.

“Kopma Arya Kamuning Uniku ini, sudah bekerjasama dengan beberapa dinas terkait. Buktinya, ada kegiatan pelatihan kader Koperasi dan juga pelatihan bagi pengurus koperasi. Kegiatan ini bisa terselenggara bersama dengan dinas maupun dari Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi pengurus Kopma untuk mensejahterakan anggotanya, bukan mencari keuntungan,” pesan rektor.

Dikdik menjelaskan, bagi seluruh pengurus Kopma Arya Kamuning Uniku yang baru saja dilantik, ini menjadi tantangan dan juga PR atau sebuah tema yang menarik, bagaimana merencanakan program untuk satu tahun ke depan dan untuk mengembangkan usahanya ke depan.

“Kopma bisa menjadi model atau barometer bagi masyarakat dalam pengembangan koperasi. Saya yakin, dari pengurus Kopma ini bisa memberikan gagasan dan ide kreatif untuk mengembangkan Kopma menjadi lebih berkembang lagi,” jelasnya.

Senada juga disampaikan Pembina Kopma Arya Kamuning Uniku, Sahlan MPd. Dalam sambutannya, ia mengatakan, maju mundurnya organisasi tergantung dari ada tidaknya kaderisasi.

“Alhamdulillah, pada hari ini, sudah dilantik pengurus Kopma yang baru, yang akan melanjutkan estafet perjuangannya untuk menjadikan Kopma Arya Kamuning Uniku menjadi lebih baik lagi dalam satu tahun kepengurusan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kopma Arya Kamuning Uniku Achmad Irsyad Imanuddin, saat sambutan perdananya mengatakan, dalam menjaga eksistensi di era pandemi covid-19, jelas menemukan beragam permasalahan, khususnya dalam menyelenggarakan kegiatan. Namun begitu, pihaknya mencoba improvisasi agar kegiatan tersebut tetap memberikan asas kebermanfaatan pada seluruh warga Uniku.

Irsyad berharap, segenap pengurus Kopma Arya Kemuning yang baru dilantik, mampu terus menjalankan sinergitas, khususnya dengan pihak lembaga maupun dengan pihak eksternal yang sudah terjalin sejak lama. Seperti dengan Dinas Koperasi UMKM maupun dengan Kementerian Koperasi Republik Indonesia. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: