Teatrikal Merah Putih bakal Meriahkan Hari Pahlawan di Gedung Naskah Linggarjati

Teatrikal Merah Putih bakal Meriahkan Hari Pahlawan di Gedung Naskah Linggarjati

KUNINGAN - Sejumlah pertunjukan seni bakal menyemarakkan Hari Pahlawan 10 November di kawasan museum Gedung Perundingan Linggarjati besok. Mulai dari aksi teatrikal merah putih, pembacaan puisi kebangsaan hingga pembagian ribuan bendera merah putih kepada masyarakat.

Ketua Yayasan Jiwa Merah Putih Hana Nining selaku penggagas kegiatan ini mengatakan, pihaknya menggandeng banyak pihak untuk kesuksesan acara tersebut. Pihaknya pun membuka kesempatan kepada para pelaku seni, tokoh pemuda, pelajar dan masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya nanti.

\"Sudah ada partisipasi dari pelajar SD Negeri 1 Linggarjati yang akan menampilkan tarian tradisional dan kaulinan barudak, serta teatrikal merah putih. Nanti juga akan ada pembacaan puisi kebangsaan dan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, para pengguna jalan dan lainnya,\" ungkap Nining kepada Radar, kemarin.

Meski dalam kondisi sakit karena stroke yang dialaminya, Nining mengaku tetap bersemangat untuk menggelar kegiatan peringatan Hari Pahlawan tahun ini lebih semarak. Dengan cara ini, kata Nining, diharapkan bisa menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada para generasi muda Bangsa Indonesia yang dirasakan mulai luntur.

\"Dalam acaranya nanti kami akan mengundang banyak pihak mulai dari organisasi mahasiswa, Ormas, OKP, pejabat pemerintah, pelajar, pegiat seni dan lainnya. Nanti, salah satu adegan dalam teatrikal adalah memasukkan para tamu undangan tersebut dalam satu lingkaran kain merah putih. Ini sebagai simbol ajakan kepada semua untuk merekatkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan,\" ujar Nining.

Selanjutnya, lanjut Nining, kegiatan hari Pahlawan esok hari juga akan diisi dengan kegiatan bagi-bagi Sejuta Satu Bendera Merah Putih. Diawali untuk masyarakat di sekitar Gedung Perundingan Linggarjati dan para pengguna jalan, selanjutnya akan disebar kepada masyarakat Indonesia di berbagai pelosok negeri.

\"Kegiatan bagi-bagi bendera ini diawali dari penggalangan dana melalui rekening Yayasan Jiwa Merah Putih melalui. Insya Allah melalui donasi Rp1.000, kita akan kumpulkan bendera sebanyak-banyaknya untuk kita sebar ke seluruh Indonesia,\" ujar Nining.

Caranya, Nining mempersilakan kepada siapa saja baik individu maupaun organisasi yang sekiranya membutuhkan bendera merah putih untuk menghubungi langsung ataupun melalui media sosial Yayasan Jiwa Merah Putih. Dengan mencantumkan alamat tujuan, pihaknya nanti akan mengirimkan bendera merah putih tersebut melalui paket ekspedisi.

\"Kami juga masih membuka donasi bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi melalui rekening Yayasan Jiwa Merah Putih di Nomor Rekening BRI 426301024337536. Insya Allah semua donasi yang terkumpul akan kita belikan bendera untuk kemudian kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh penjuru tanah air,\" pungkasnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: