Yamaha_detail

Peringati Hadiknas, Pensiunan Guru Tempuh Bogor-Kuningan Dengan Sepeda

Peringati Hadiknas, Pensiunan Guru Tempuh Bogor-Kuningan Dengan Sepeda

Ikeu Darojatun seorang kakek asal Bogor, menempuh perjalanan dari Bogor ke Kuningan dengan sepeda -foto ale-radarkuningan.com

KUNINGAN- Ikeu Darojatun, merupakan kakek tua berumur 66 tahun yang berasal dari Rangkas Bitung, Banten. Banyak diantara kalian yang menyangka bahwa kakek-kakek seusia-Nya hanyalah orang tua yang hanya tinggal diam di rumah sembari menonton televisi dan meminum secangkir teh. Karena memang kakek dengan umur segitu sudah sepatutnya tinggal diam.

Tetapi berbeda dengan Ikeu, ia masih gemar berolahraga dengan cara bersepeda. Tak tanggung-tanggung, ia sudah pernah mengelilingi pelosok Negeri, sampai-sampai ujung Indonesia bagian utara pun ia singgahi, tepatnya pada titik “0” kilo meter di Kota Sabang, Aceh.

Jika pergi ke kota Sabang dengan menggunakan mobil, kereta, pesawat, atau kendaran bermesin lainnya itu sudah biasa. Tapi jika dengan menggunakan kendaraan yang non-mesin itu justru sangat luar biasa, dan Ikeu melakukan hal itu.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Ikeu mengaku dirinya mendapati undangan Sepeda Sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Ada Bung Karno di Fun Bike Hardiknas Kabupaten Kuningan

“Empat bulan yang lalu, saya baru selesai keliling Indonesia, kemudian dapat undangan dari sini (Disdikbud Kuningan), saya lanjut kesini (Kuningan.red),” ujarnya.

Untuk menghadiri acara tersebut, ia bersepeda dari Kabupaten Bogor seorang diri, melalui jalur Cileungsi kota Karawang, Purwakarta-Cikampek, Cikopo, lalu melanjutkan perjalanan menuju Kuningan dan tiba pada hari Sabtu 18 Juni pukul 18:30.

“Alhamdulillah saya dari bogor menuju Kuningan sendiri, setibanya di Kuningan, panitia menyediakan tempat untuk para peserta dari luar kota di KIC (Kuningan Islamic Center),” tutur Ikeu pensiunan Guru.

Diungkapkan Ikeu, setelah dua tahun lamanya pandemi Covid-19 berdampak pula pada pembatasan event-event seperti ini, salah satunya bersepeda. Tetapi saat ini ia mengaku sangat bersyukur karena kegiatan seperti ini kembali dilaksanakan. “Alhamdulillah saya sangat senang setelah kurang lebih dua tahun acara seperti ini tidak digelar, karena memang ada pandemi yang bisa dikatakan membuat kita semua sengsara, tapi masya allah setelah adanya Hardiknas ini kegiatan kembali diadakan ya, pokoknya jempol buat Kuningan,” jelasnya.

BACA JUGA:Buronan Kasus Pembacokan Gunung Jati Tersisa 1, Kapolres Cirebon Kota: Masih Dikejar

Kegiatan Sepeda Sehat dengan menempuh jarak sekitar 11,5 KM ini, mengambil start dan finis di KIC, dilepas oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, turut mendampingi acara sepeda jalan santai dari gerbang KIC Kadisdikbud Kuningan Uca Somantri, Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda dan Sekda Dian Rachmat Yanuar.

Selain sepeda santai, juga digelar jalan santai dan senam bersama dengan peserta mencapai ribuan orang. Acara olah raga bersama yang digelar gratis untuk umum tersebut menyediakan berbagai hadiah door prize menarik mulai dari televisi berwarna, kulkas, sepeda motor dan hadiah utama ibadah umrah ke tanah Suci.(ale) 

Sumber: