Kebakaran Kandang Ternak di Desa Sukaharja, 2 Sapi dan 4 Kambing Mati Terpanggang

Kebakaran Kandang Ternak di Desa Sukaharja, 2 Sapi dan 4 Kambing Mati Terpanggang

Petugas Damkar Kuningan melakukan pendataan musibah kebakaran kandang di Desa Sukaharja, Kecamatan Cibingbin,yang menewaskan 2 ekor sapi dan 4 kambing.-M Taufik/Radar Kuningan-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Kebakaran hebat melanda sebuah kandang ternak milik warga Desa Sukaharja, Kecamatan Cibingbin, Kamis 1 September 2022 dini hari.

Akibat kebakaran tersebut, 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing mati terpanggang di kandang.

Informasi yang berhasil dihimpun, kandang ternak yang kena musibah kebakaran tersebut, milik warga bernama Wasto. 

Kebakaran kandang terjadi dini hari saat pemilik terlelap tidur, sehingga 2 sapi dan 4 kambing tidak bisa diselamatkan dan mati terpanggang.

BACA JUGA:ARB: Dewan Pembina Ingatkan Kader Golkar Soal Target Usung Airlangga di Pilpres 2024

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti, keberadaan kandang ternak tersebut berada di tengah sawah dan jauh dari pemukiman warga. 

Bahkan, kebakaran tersebut baru diketahui oleh pemiliknya pada Kamis sekitar pukul 05.00 WIB.

"Kejadian kebakaran diperkirakan jam dua dini hari, dan baru diketahui pemiliknya waktu akan mengecek ternaknya saat subuh," kata Khadafi.

Karena kandang ternak juah dari pemukiman, musibah kebakaran kandang ternak tidak ada yang mengetahui.

BACA JUGA:3.662 Anak Kategori Stunting di Kuningan, Baznas Kucurkan Bantuan

"Pemilik kandang terkejut dan histeris saat melihat kandang dalam kondisi sudah habis terbakar dan enam ekor ternak mati terpanggang," ungkap Khadafi.

Dari keterangan pemilik kandang, lanjut Khadafi, kebakaran tersebut diduga dari kegiatan pembakaran rumput di dalam kandang atau ngobong untuk mengusir nyamuk dan menghangatkan hewan ternak. 

Namun, aktivitas ngobong ditinggalkan begitu saja oleh pemilik kandang hingga akhirnya api membesar dan melalap seluruh bangunan kandang.

Kandang ternak yang mayoritas terbuat dari papan kayu, membuat api dengan cepat membakar seluruh kandang berikut hewan ternak di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: