Khasiat Daun Kelor, Bisa Sembuhkan Penyakit Jantung

Khasiat Daun Kelor, Bisa Sembuhkan Penyakit Jantung

Khasiat daun kelor untuk penyakit jantung.--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Ternyata tanaman obat tradisional yang ada di pekarangan rumah atau lingkungan tempat tinggal, tidak sedikit yang manjur untuk mengobati berbagai penyakit. Misalnya daun kelor.

Tanaman yang satu ini juga sudah mulai dijual di pasar atau toko obat herbal. Selain mudah mencarinya, daun kelor juga bisa ditanam di halaman rumah dengan media pot. 

BACA JUGA:Siswa SMP-MTs Adu Pintar di Lomba Cerdas Cetmat Disdikbud

Khasiat dari daun kelor dirasakan Gana Triana Mustika, warga Jl Aruji, Kuningan kota. Pria berusia 46 tahunan ini mengaku memiliki penyakit jantung. Dia sempat menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya tahun 2017 silam. Sudah hampir lima tahun Gana rutin mengonsumsi daun kelor yang sengaja ditanamnya di pekarangan rumah.
 
Awalnya Gana merasa syok saat dokter memvonisnya terkena serangan jantung. Dia tak menyangka kalau di usianya yang belum genap 40 tahun sudah terkena penyakit jantung. Dokter kemudian menyarankan agar Gana menjalani operasi pemasangan ring fi jantungnya. 
 
 
"Saya sangat syok dan kaget ketika dokter memvonis bahwa saya terkena jantung dan harus menjalani operasi. Keluarga juga merasa bingung. Akhirnya berunding. Lalu diputuskan saya ikut saran dokter. Di tahun 2017, saya menjalani pemasangan ring di jantung," kata Gana, Kamis 13 Oktober 2022.
 
Operasi jantung yang dijalani berjalan lancar. Selepas operasi, dia diminta dokter untuk menjaga pola makan. Seperti tidak makan berkuah santan, makanan yang digoreng serta pantangan lainnya.
 
Selain minum obat dari dokter, Gana juga rajin minum daun kelor. Saban hari, dia minum air rebusan daun kelor minimal satu gelas. 
 
 
Menurut Gana, daun kelor yang digunakan untuk dibuat teh yakni daun kelor kering. Daun tersebut direbus sampai matang kemudian disaring. Air hasil penyaringan diminum saat agak dingin.
 
"Yang bagus itu daun kelor kering. Kalau masih basah dibikin sayur seperti bayam. Sudah tujuh tahun saya minum air daun kelor. Alhamdulillah kondisi badan juga selalu sehat," katanya. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: