Lama Terisolir, Akses Jalan Dusun Cisandag Bakal Dibangun Pemkab Kuningan

Lama Terisolir, Akses Jalan Dusun Cisandag Bakal Dibangun Pemkab Kuningan

Warga Dusun Cisandag tidak lama lagi bakal terbebas dari terisolir, Pemkab Kuningan bakal membangun jalan di dusun tersebut.-Ist-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM – Kabar menggembirakan bagi warga Dusun Cisandag, Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten KUNINGAN. Tidak lama lagi bakal terbebas dari desa terisolir.

Pada APBD Perubahan Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan telah mengalokasikan anggaran dan bantuan material untuk pembangunan jalan di Dusun Cisandag.

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Tedy Sukmajayadi mengatakan, kondisi jalan di Dusun Cisandag memang masih tanah. 

Sudah terkoordinasikan untuk pembangunan jalannya dengan berbagai skema program pembangunan, seperti pembangunan langsung, pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), program Karya Bhakti TNI, dan bantuan material dari Pemkab Kuningan. 

 

“Forkopimcam, Kodim 0615, Polsek, DPUTR, dan DPMD, bersama-sama telah melakukan peninjauan langsung ke Kampung Cisandag pada tanggal 3 Oktober 2022, diterima Pemdes Cipakem serta masyarakat setempat,” kata Tedy Sukmajayadi, Kamis 20 Oktober 2022.

Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan, Dr Wahyu Hidayah MSi menerangkan, Dusun Cisandag yang berjarak 6 km dari pusat Pemerintahan Desa Cipakem, memang belum memiliki akses langsung, yang ada hanya jalan setapak dan pernah terjadi longsor pada tahun 2018.

Justru, kata Wahyu, Warga Dusun Cisandag yang ingin beraktivitas, mereka menggunakan jalan Desa Galaherang melalui Kampung Bunikerta. 

Sementara pembangunan jalan dari Desa Galaherang ke Kampung Bunikerta sepanjang 3 Km sudah dilaksanakan dan masih dalam kondisi baik. 

 

Sedangkan akses dari Kampung Bunikerta ke Kampung Cisandag sepanjang 2,5 Km sudah ada badan jalan dan akan dibangun permanen secara bertahap mulai perubahan anggaran tahun ini.

“Di Kampung Cisandag sendiri, berbagai pembangunan telah dilakukan seperti, pembangunan jalan lingkungan dan gang sepanjang 300 meter melalui Dana Desa. Jaringan listrik juga telah dibangun PLN, dan sudah tersedia fasilitas air bersih yang dibangun oleh KKN Tematik ITB pada tahun 2017,” jelas Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, untuk akses jalan sepanjang 2,5 km dari Dusun Cisandag menuju Kampung Bunikerta, Pemkab Kuningan telah memprioritaskan pembangunan jalan.

Jalan tersebut dibangun melalui berbagai program pembangunan jalan, seperti pembangunan jalan oleh DPUTR, bantuan material dan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: