Yamaha 2022-09

Ajib! Karang Taruna Desa Nusaherang Kembangkan Produksi Sabun

Ajib! Karang Taruna Desa Nusaherang Kembangkan Produksi Sabun

Karang Taruna Desa Nusaherang diberi pelatihan untuk produksi sabun.-Ist-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM – Karang Taruna Desa Nusaherang merealisasikan program pemberdayaan pemuda dengan melakukan pelatihan pembuatan sabun. 

Menurut Ketua Karang Taruna Mandala Putra Nusaherang, Deden Muhamad Saugi, pelatihan tentang pembuatan sabun kepada pemuda, karena merupakan barang yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Sebab, dalam kehidupan sehari-hari, sabun sangat dibutuhkan oleh manusia baik untuk menjaga kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan sekitar," kata Deden Muhamad Saugi. 

Menurutnya, dengan tingginya minat masyarakat terhadap sabun khususnya sabun cuci piring, menjadikan terbukanya peluang usaha untuk memproduksi sabun dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. 

BACA JUGA:Proyek Jalan Cisantana Dibatalkan Tanpa Alasan, Kontraktor Tuding Ada Konspirasi Jahat

BACA JUGA:Pembentukan Badan Adhoc Pemilu 2024 Diundur, Bagaimana Nasib PPK dan PPS?

Melalui program Kearifan Lokal dari Kementerian Sosial (Kemensos), Deden menerangkan Karang Taruna Mandala Putra Desa Nusaherang melakukan pelatihan pembuatan sabun dan melestarikan kesenian lokal di Kabupaten Kuningan. 

"Hal ini dilakukan guna meningkatkan ekonomi kreatif untuk membantu perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pemuda," terangnya. 

Ia menerangkan bahwa, di Desa Nusaherang terdapat seni Degung atau Karawitan, Calung, dan Angklung. Diharapkan pada event-event besar kesenian ini bisa terus ditampilkan dan dilestarikan. 

"Kesenian yang ada di Desa Nusaherang harus terus dilestarikan, apalagi di sini ada empat seni yang tetap dipertahankan dan dikembangkan," ujarnya. 

BACA JUGA:Hati-Hati! Pajak Kendaraan Mati Dua Tahun, Dianggap Bodong

BACA JUGA:Waduh! 1.494 Siswa di Kuningan Menderita Minus Mata

Dirinya berharap, dengan kesenian dan pelatihan pembuatan sabun dapat memberikan manfaat dan keahlian bagi para pemuda di Desa Nusaherang. 

Sementara pembina KT Mandala Putra Desa Nusaherang Zaenal Fitriana menambahkan bahwa dengan peningkatan ekonomi di bidang pelatihan pembuatan sabun dapat memberikan manfaat kesehatan dan para pemuda memiliki keahilan. 

Sumber: