Hiiih Sereeem.... Ini Penampakan Eks Objek Wisata Linggarjati Indah

Hiiih Sereeem.... Ini Penampakan Eks Objek Wisata Linggarjati Indah

Eks kawasan objek wisata Linggarjati Indah yang sebagian lahannya dikelola PDAU kondisinya menyedihkan dan menyeramkan. (Muhammad Taufik)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Pasca pemutusan hubungan kerjasama dengan Ayong tak diperpanjang, eks Objek Wisata Linggarjati Indah (OWLI) kondisinya memprihatinkan. Padahal setiap tahunnya, kawasan ini menjadi jugjugan para wisatawan dari berbagai daerah. Tempat rekreasi yang pernah menjadi ikon wisata kebanggaan Kabupaten Kuningan tersebut kini terlihat kumuh saat siang hari dan menyeramkan di kala malam.

 
Saat ini, kawasan eks OWLI tereebut terpecah menjadi dua pengelola. Ini terjadi tidak lepas dari lahan di kawasan itu yang milik SDAP Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Kuningan. Lahan SDAP yang berada di sebelah barat tetap dikelola investor dan tetap buka seperti biasa. Sedangkan lahan milik pemkab diserahkan ke Perumda PDAU Kuningan namun tak dikelola, dan dibiarkan tak terurus.
 

Kesemrawutan objek wisata Linggarjati Park sudah terlihat dari gapura selamat datang yang banyak ditumbuhi ilalang. Sementara di pintu gerbang yang dulunya menjadi tempat penjualan tiket masuk pengunjung kini terlihat kumuh.
 
Jalan aspal untuk masuk ke objek wisata ini pun kini tertutup portal dari sisi kiri maupun kanan sehingga tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Hanya tersisa jalan setapak di samping portal yang bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan motor.

Memasuki bagian dalam objek wisata Linggarjati Park, kondisinya terlihat semakin mengkhawatirkan. Tampak rumput ilalang tinggi hampir menutupi areal parkir, taman dan bangunan yang dulunya menjadi tempat penginapan, kantin, warung hingga kantor pengelola wisata.
 
 
Terlebih di wahana kolam renang yang dulu menjadi tempat favorit wisatawan dari luar Kuningan merasakan keseruan berenang dengan sensasi seluncuran panjang, kini terlihat sudah mengering. Dinding kolam renang pun banyak ditumbuhi lumut  dan rumput ilalang di sekelilingnya.

Di malam hari, tak lagi ada penerangan di dalam objek wisata yang kini pengelolaannya telah diambil alih oleh Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan tersebut.
 
 
Bahkan, suasana mencekam kawasan wisata tersebut konon kerap dijadikan tempat uji nyali para pencari hantu untuk konten youtube.
 
Seperti diungkapkan seorang warga bernama Nana, mengaku telah dihubungi oleh tim dari salah satu stasiun televisi swasta yang meminta diantar ke bekas objek wisata Linggarjati Indah tersebut untuk acara uji nyali.
 
"Saya ditelepon oleh seseorang dari salah satu stasiun televisi nasional minta antar untuk survei tempat uji nyali di Kuningan, salah satunya di bekas objek wisata Linggarjati Indah. Bahkan sudah ada yang membuat konten di youtube, memang tempatnya sekarang cukup menyeramkan," kata Nana, Rabu malam 30 November 2022.
 
BACA JUGA:Bupati Apresiasi Dishub Salurkan Bansos BBM

Nana menyayangkan keberadaan objek wisata yang cukup legendaris di Kabupaten Kuningan tersebut kondisinya kini tak terurus dan terbengkalai. Padahal, kata Nana, tempat wisata ini dulunya sangat ramai dan menjadi tempat favorit wisatawan baik lokal maupun luar Kuningan di saat akhir pekan atau libur nasional seperti Lebaran atau tahun baru.

"Saya waktu kecil sering ke objek wisata Linggarjati Indah ini saat liburan sekolah. Bahkan kalau libur lebaran, pengunjung sampai membludak sampai jalanan macet. Tapi sekarang malah jadi semrawut bahkan jadi tempat uka-uka," ujar Nana menyayangkan.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: