Mau Imlek, Patung Dewa di Klenteng Kun An Tong Dimandikan

Mau Imlek, Patung Dewa di Klenteng Kun An Tong Dimandikan

Pengurus Klenteng Kun An Tong sedang mempersiapkan patung yang akan dimandikan untuk menyambut perayaan Imlek. (Muhammad Taufik)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Sepekan menjelang perayaan Imlek, Pengurus Yayasan Tridharma Klenteng Kun An Tong Kuningan sibuk melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya memandikan patung dewa dan membersihkan altar.

Seperti terlihat Minggu pagi 15 Januari 2023 di Klenteng Kun An Tong yang berada di kawasan Pecinan, Kuningan kota. Nampak sejumlah pengurus klenteng terlihat sibuk memandikan patung dewa sekaligus menggantikan jubahnya. 

 
Menggunakan air bunga melati, petugas memandikan belasan patung dewa penghuni Klenteng Kun An Tong dengan sangat hati-hati. Tampak di bagian lain, beberapa petugas sedang sibuk menyusun paket-paket sembako yang akan dibagikan pada tanggal 19 dan 20 Januari mendatang.

Ketua pengurus Klenteng Kun An Tong Toto Heryanto alias Poey Lok Tek mengungkapkan, 
ada banyak patung dewa yang dimandikan hari ini. Di antaranya Dewa Bumi, Dewi Welas Asih dan Dewa Kwan Kong yaitu dewa pelindung perdagangan. 
 
 
"Tidak sembarangan untuk bisa memandikan para dewa tersebut, karena harus orang tertentu dengan diawali ritual sembahyang terlebih dahulu," jelas Ketua pengurus Klenteng Kun An Tong Toto Heryanto alias Poey Lok Tek, Minggu 15 Januari 2023.

Kegiatan bersih-bersih patung dewa dan lingkungan klenteng, merupakan kebiasaan rutin setiap menjelang perayaan Imlek. Hal ini bertujuan untuk menyemarakkan perayaan tahun baru Cina agar lebih bersih dan jemaat klenteng bisa lebih khidmat saat melakukan sembahyang pada malam pergantian tahun nanti.
 
BACA JUGA:APBD 2022 Gagal Bayar, Lili Bilang Perencanaan Pemda Tidak Matang

Selain melakukan bersih-bersih, lanjut Toto, pihaknya juga akan menggelar kegiatan sosial membagi-bagikan paket sembako kepada masyarakat miskin di sejumlah daerah di Kabupaten Kuningan. Ratusan paket sudah disiapkan oleh pengurus klenteng.
 
"Tak hanya bagi warga keturunan, pembagian sembako juga disalurkan kepada warga pribumi yang membutuhkan di beberapa lokasi berbeda. Ini untuk meringankan beban mereka. Lokasi distribusi paket sembako sudah disiapkan," katanya.
 

Paket sembako tersebut berasal dari hasil sumbangan warga Tionghoa yang memiliki usaha di Kuningan juga perantauan. Pada H-3 Imlek kegiatan bhakti sosial akan dilaksanakan di beberapa daerah di Kabupaten Kuningan  
 
"Seperti Luragung hingga Cibingbin. Dan pada keesokan harinya dilaksanakan di klenteng untuk warga miskin yang tinggal di daerah Kuningan kota, Cigugur, Cijoho dan lainnya," sebut Toto. (Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: