Rumah Hangus Terbakar, Warno Rugi Ratusan Juta

Rumah Hangus Terbakar, Warno Rugi Ratusan Juta

Regu Pemadam Kebakaran bersama warga sedang berupaya memadamkan api yang membakar rumah Warno di Desa Cioondok, Cibingbjn, Kuningan, Minggu malam 5 Februari 2023. (Istimewa)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Keluarga Warno, penduduk Dusun II, Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kuningan terpaksa harus tinggal di rumah tetangganya. Pasalnya, rumah tinggal pria yang bekerja sebagai buruh itu memgalami kebakaran, Minggu 5 Februari 2023 sekitar pukul 21.30.

Seluruh harta berharga milik keluarga Warno ikut terbakar. Termasuk rapor dan ijazah SMP milik anaknya, Ike Agustin musnah terbakar. Bukan hanya itu, uang tunai sebesar Rp60 juta yang disimpan Warno di dalam rumahnya sudah berubah menjadi abu karena dilalap si jago merah. Akibat musibah ini, total kerugian Warno mencapai Rp168 juta.
 
 
Kebakaran yang menghanguskan rumah Warno terjadi di saat rumah dalam kondisi kosong. Warno sendiri sejak Minggu pagi sudah berangkat ke rumah istrinya di Brebes, Jawa Tengah. Malamnya, anak Warno, Ike Agustin juga keluar rumah menghadiri tunangan temannya diantar Wiranto, perangkat desa setempat.
 
Sekitar pukul 21.30, Ike Agustin mendapat kabar jika rumah yang ditinggali bersama keluarganya terbakar. Gadis berusia 17 tahun itu langsung pulang meski acara tunangannya belum selesai. Tetangga dan warga berupaya keras memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. 
 
 
Salah seorang warga kemudian menghubungi UPT Damkar Kuningan. Selang 1,5 jam, 5 anggota piket dari regu 3 dan 1 randis KR.4 milik Damkar tiba di lokasi. Upaya pemadaman dilakukan petugas. Tepat pukul 24.00, api berhasil dijinakan. 
 
"Lokasi kebakaran cukup jauh. Perlu waktu satu jam lebih untuk sampai ke lokasi. Kamu mendapat laporan dari Pak Ade Sutardi, Anggota Satpol PP Kecamatan Cibingbin sekitar pukul 21.50,," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi, Senin pagi 6 Februari 2023.
 
 
Setelah dilakukan pendataan, pengumpulan keterangan dari saki-saksi, dan pemeriksaan ditempat kejadian, kebakaran diduga dari arus pendek listrik.
 
"Pemicu kebakaran diduga arus pendek listrik dimana  bohlam listrik kebakar yang menimbulkan percikan api dan menempel ke kasur," kata Khadafi.
 
Menurut Khadafi, saat ini pemilik rumah yang terbakar memerlukan bantuan perbaikan rumah, obat-obatan, makanan, pakaian dan lainnya. Untuk sementara korban dievakuasi di rumah ibu Utari, tetangga.
 
"Kerugian dalam kejadian ini totalnya Rp168 juta. Rumah korban hangus berikut isinya," ungkap Khadafi. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: