Tertangkap Basah Ngumpet di Bawah Meja Resto, Petugas Damkar Tangkap Ular Koros

Tertangkap Basah Ngumpet di Bawah Meja Resto, Petugas Damkar Tangkap Ular Koros

Petugas UPT Damkar Kuningan memperlihatkan ular Koros yang berhasil ditangkap di bawah meja BP Resto, Senin pagi. (Istimewa)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Selain piawai memadamkan api tatkala terjadi kebakaran, petugas UPT Damkar Kuningan juga bisa berubah jadi pawang ular. Nah, keahlian menaklukan hewan melata dipertontonkan mereka kala berhasil menangkap seekor ular Koros, Senin pagi 13 Maret 2023 pukul 09.00.
 
Ular tersebut bersembunyi di bawah meja komputer di BP Resto yang berada di Jl Pramuka No 219 RT05 RW02 Kelurahan Purwawinangun  Kecamatan/Kabupaten Kuningan.
 
Tanpa perlawanan, ular Koros atau nama latinnya, Corros, sukses diamankan. Selanjutnya ular dimasukan ke dalam karung dan dibawa petugas Damkar.
 
 
Proses penangkapan ular berawal dari laporan pemilik BP Resto, Reni Anggaraeni. Menurut Reni, yang pertama kali melihat keberadaan ular adalah seorang karyawannya yang bernama Iyan (17). Iyan yang sedang bekerja mendadak melihat ular di bawah meja komputer. 
 
Lantaran merasa takut digigit ular tersebut, Iyan lantas melapor kepada pemilik resto bahwa di rumah makannya terdapat ular. Usai mendapat laporan karyawannya, Reni kemudian langsung datang ke kantor Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan untuk minta bantuan evakuasi.
 
 
Begitu mendapat laporan, Kepala UPT Damkar, M Khadafi segera menyiapkan personil terbaiknya untuk dikirim ke lokasi kejadian perkara (TKP). Tiga Skuadra Les Blues itu datang ke TKP menggunakan satu kendaraan dinas.
 
Tak lupa petugas juga membawa peralatan penakluk ular yakni sepotong besi yang sudah dimodifikasi dan karung.
 
Tiba di lokasi, petugas langsung berpencar melakukan pencarian, terutama di sekitar bawah meja. Upaya itu tak sia-sia. Setelah 10 menit mencari, ular kedapatan masih berada di bawah meja.
 
"Akhirnya kami berhasil menangkap ular Koros dan membawanya ke kantor," terang Khadafi, Senin 13 Maret 2023.
 
 
Khadafi juga menjelaskan, Ular Coros (Ptyas Corros) adalah spesies ular tikus yang tersebar luas di Asia Tenggara. Nama umumnya dalam bahasa Inggris adalah Chinese Ratsnake atau Indo-Chinese Ratsnake. Panjang tubuh ular Koros mencapai 1.5 meter. 
 
Tubuh bagian atas berwarna abu-abu, perak, atau kecokelatan, sedangkan sisi badan bagian bawah berwarna kekuning-kuningan. Bagian ekornya berwarna zaitun dengan tepian sisik berwarna kehitaman. Bagian bawah tubuhnya berwarna kuning pucat. 
 
"Pada ular yang masih muda, terdapat belang-belang atau bintik-bintik berwarna keputihan di tubuhnya. Belang atau bintik putih tersebut memudar seiring dengan bertambahnya usianya," papar Khadafi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: