Produk Makanan Olahan Kuningan Tembus Korea Selatan, Sekda Dian: Ini Sangat Luar Biasa dan Menjanjikan

Produk Makanan Olahan Kuningan Tembus Korea Selatan, Sekda Dian: Ini Sangat Luar Biasa dan Menjanjikan

Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar mencicipi produk makanan olahan pasta ubi khas Kuningan saat sedang berada di Korea Selatan.--

SEOUL, RADARKUNINGAN.COM- Selama sepekan, Sekda Kuningan H Dian Rachmat Yanuar berada di Korea Selatan.

Kedatangan orang kuat ketiga di Kabupaten Kuningan di Negeri Ginseng itu untuk mengikuti pelatihan Digital Capacity Building Program for Civil Servants of West Java Province di Local Government Officials Development Institute (LOGODI) di Korea Selatan.

BACA JUGA:Kolam Renang Bumi Pelangi Jalaksana, Sensasi Berenang di Air Pegunungan, Bikin Tubuh Pengunjung Kembali Bugar

BACA JUGA:TAK BERAKHLAK, Oknum Pengurus Panti Asuhan Perdayai Anak Asuh sampai Hamil 3 Bulan

Sekda Dian mengunjungi Korea Selatan bersama 7 sekda lainnya di Jawa Barat dan dipimpin Sekda Pemprov Jawa Barat, H Setiawan Wangsaatmaja.

Pelatihan digital sendiri diselenggarakan terhitung mulai 28 Mei sampai 3 Juni 2023. Kunjungan ke Seoul Food Exhibition merupakan bagian dari rangkain kegiatan.

Menariknya,, produk olahan makanan yang berasal dari Kabupaten Kuningan, berupa pasta ubi dan Kenikir masuk ke dalam produk yang dipasarkan di Seoul Food Exhibition Korea Selatan. 

BACA JUGA:Biar Pedagang dan Pembeli Nyaman Berbelanja, Pemkab Kuningan Bakal Rombak Total Pasar Darma

BACA JUGA:Tips Berkendara, Ini Cara Berkendara dengan Motor Matik Saat Lewati Tanjakan dan Turunan

Untuk diketahui pasta ubi asal Bandorasa Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan sudah diproduksi sejak tahun 1993 dengan kapasitas produksi 300-500 ton pertahunnya.

Selain ke Korea Selatan, puluhan ton hasil olahan ubi dari Desa Bandorasa ini juga diekspor ke Jepang.

Sekda Dian mengatakan, di Korea Selatan hadir produk asal Kuningan, berupa pasta ubi asli Desa Bandorasa Kecamatan Cilimus. Satu lagi ada Produk Kenikir.

Yakni, produk berupa bahan pewarna makanan kue Mochi, kue khas yang dikenal juga berada di Korea Selatan. 

"Ini tentu saja merupakan kebanggan bagaimana produk UKM asal Kabupaten Kuningan bisa bersaing di pasar dunia," kata Sekda Diam, Jumat 2 Juni 2023. 

BACA JUGA:Kiprah Hanyen Tenggono, Pengusaha Muda Kuningan, Dirikan Yayasan HTC untuk Bantu Masyarakat

BACA JUGA:Konsisten Dorong Aspek ESG, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan Volta, MCAS Group

Menurut Sekda, saat dirinya berada di paviliun Indonesia pada Seoul Food Exhibition, pengunjungnya ribuan. Dia menyaksikan ada produk pasta ubi yang bahannya dari Desa Bandorasa, Kabupaten Kuningan.

“Luar biasa saya menyaksikan sendiri banyak pengunjung yang membeli produk olahan pasta ubi dari Kuningan ini. Selamat dan sukses buat para petani. Tingkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian. Mudah-mudahan bisa meningkatkan perekonomian untuk menambah kesejahteraan,” papar Sekda Dian.

Pihaknya juga sangat bersyukur lantaran produk UKM asal Kabupaten Kuningan bisa eksis di even ini. Kedepannya, Sekda Dian berahap supaya lebih banyak lagi produk-produk UKM yang akan menembus pasar internasional,” ujarnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: