Pelayanan Haji Diacungi Jempol, H Ujang Kosasih: Mereka Sudah Bekerja Maksimal Demi Kesuksesan Ibadah Haji

Pelayanan Haji Diacungi Jempol, H Ujang Kosasih: Mereka Sudah Bekerja Maksimal Demi Kesuksesan Ibadah Haji

Wakil Ketua DPRD Kuningan, H Ujang Kosasih menyaksikan langsung pelayanan dan pemeriksaan berkas calon haji asal Kabupaten Kuningan di Asrama Haji Indramayu, Kamis 8 Juni 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Prosesi pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Kuningan, mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Kuningan, H Ujang Kosasih.

Politisi asal PKB itu sudah dua kali mengikuti dan menyaksikan langsung proses pemberangkatan jamaah yakni Kloter 3 dan Kloter 11.

Dari pantauannya, pelaksanaan pemberangkatan hingga Embarkasi Indramayi dan juga di Bandara Kertajati, cukup maksimal.

BACA JUGA:Artificial Intelligence : Sebuah Gebrakan Baru dalam Kemajuan Industri Pangan

BACA JUGA:Wakili Bupati Acep Purnama, Kabag Kesra Setda Kuningan Lepas 366 Jamaah Calon Haji Kelompok Terbang 11

Kepala Kemenag Kuningan, H Ahmad Handiman Romdhony, dan Kasi Pelayanan Haji dan Umroh, H Ahmad Sadudin juga berada di Embarkasi Indramayu. Tanpa lelah, mereka mengecek semua jamaah calon haji dan memastikan setiap berkas jamaah sudah lengkap. Termasuk juga berada di ruangan Imigrasi untuk mendampingi para jamaah.
 
H Ujang Kosasih mengatakan, pelayanan haji tahun 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini mengalami peningkatan signifikan. Sejak mulai dari titik kumpul pemberangkatan sampai Asrama Haji Indramayu, semuanya berjalan lancar.
 
Kendaraan yang digunakan mengangkut penumpang juga sangat layak, sehingga membuat jamaah calon haji merasa nyaman selama dalam perjalanan.
 
"Dari dua kali pemberangkatan, saya tidak melihat ada kendala yang berarti. Semuanya lancar. Petugas haji juga ramah-ramah dalam melayani jamaah. Koordinasi antara petugas layanan haji dan umroh (PLHU) dengan pemerintah daerah, terjalin dengan baik. Saya kira pelaksanaan haji tahun 1444 Hijriah ini sudah sangat bagus," ujar H Ujang Kosasih di Embarkasi Indramayu, Kamis pagi 8 Mei 2023.
 
 
 
Lokasi Asrama Haji yang tidak terlalu jauh dari Kabupaten Kuningan, juga menjadikan kondisi kebugaran jamaah juga tetap terjaga. Hanya butuh waktu tidak lebih dari dua jam, jamaah dari Kuningan sudah tiba di Asrama Haji Indramayu.
 
"Musim haji tahun lalu kan embarkasinya perlu waktu lebih dari dua jam. Sekarang cukup dekat. Ini juga berimbas terhadap kebugaran jamaah. Perjalanannya tidak melelahkan," kata politisi senior dari PKB tersebut.
 
Menurut Ujang, pelayanan administratif di Asrama Haji juga layak diacungi jempol. Petugas dengan ramah dan penuh kekeluargaan membantu para jamaah membereskan persyaratan administratif sebelum ke Bandara Kertajati. 
 
"Saya melihat langsung bagaimana sigapnya petugas haji dalam memberikan pelayanan. Jamaah yang sudah lansia maupun memakai kursi roda, sangat dibantu menyelesaikan persyaratan administratifnya. Saya berkeliling di Asrama Haji dan berbicara dengan para petugasnya," sebut Ujang.
 
 
 
Karena semua persyaratan yang dibutuhkan jamaah sudah dirampungkan di Asrama Haji, lanjut Ujang, jadi ketika berangkat ke Bandara Kertajati, jamaah tinggal mempersiapkan diri untuk terbang ke Tanah Suci Makkah.
 
"Tidak lagi dipusingkan oleh hal non teknis lainnya. Perjalanan nyaman, ibadah haji juga lancar," tutur Ketua DPC PKB Kuningan tersebut.
 
Ratusan pasang mata milik jamaah calon haji Kloter 11 Kabupaten Kuningan, nampak berkaca-kaca. Itu terlihat jelas saat bus yang ditumpangi jamaah keluar dari area Kuningan Islamic Center (KIC) menuju Embarkasi Indramayu, Kamis pagi 8 Juni 2023.
 
Lambaian tangan para jamaah kepada anggota keluarga yang berdiri di sepanjang jalan, begitu mengiris hati siapapun yang melihatnya.
 
Dari balik kaca bus, mata para jamaah yang sudah basah oleh air mata, menyisir pengantar yang berdiri di sepanjang jalan untuk melihat sanak keluarganya. Lantunan dzikir terdengar dari dalam bus. Tangan-tangan para jamaah melambai kala melihat anggota keluarga. Perasaan sedih juga dirasakan oleh keluarga pengantar.
 
 
 
Ya, Kamis pagi, 366 calon haji resmi diberangkatkan ke Embarkasi Indramayu sebelum diterbangkan menuju Tanah Suci Makkah dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kepala Bagian Kesra Setda Kuningan, H Nunung Nurjati diberi kepercayaan oleh Bupati H Acep Purnama untuk melepas keberangkatan ratusan jamaah calon haji.
 
Nunung didampingi pejabat Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kuningan, perwakilan dari MUI, kepolisian dan pihak terkait lainnya mengibarkan bendera tanda rombongan jamaah diberangkatkan. Sebanyak 10 bus disiapkan panitia layanan haji untuk membawa jamaah. Sedangkan barang jamaah langsung dibawa ke bandara menggunakan satu unit mobil truk. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: