Ganti Kepala Desa, Warga Karangbaru Kuningan Antusias Hadapi Pilkades Serentak 2023

Ganti Kepala Desa, Warga Karangbaru Kuningan Antusias Hadapi Pilkades Serentak 2023

Pilkades Serentak Kabupaten Kuningan 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Antuasiasme tinggi diperlihatkan warga Desa Karangbaru, Kecamatan Ciwaru, Kuningan menjelang Pilkades Serentak.

Ada dua nama yang dikabarkan akan mencalonkan diri dalam pilkades nanti. Kedua warga Karangbaru yang tertarik untuk maju sebagal bakal calon kepala desa tersebut yakni H Andri dan Ujang Jasman.

BACA JUGA:Kades Sudah Diberhentikan Bupati Kuningan, Desa Karangbaru Ikut Pilkades Serentak, Begini Tahapannya

BACA JUGA:Pelayanan Haji Diacungi Jempol, H Ujang Kosasih: Mereka Sudah Bekerja Maksimal Demi Kesuksesan Ibadah Haji

Namun tidak menutup kemungkinan ada calon lainnya yang akan meramaikan persaingan, mengingat tahapan pilkades masih baru tahap awal.
 
Warga sendiri mengaku senang lantaran desanya bisa diikutsertakan dalam Pilkades serentak setelah kepala desa sebelumnya diberhentikan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama.
 
Tokoh masyarakat Desa Karangbaru, Yusnandi mengaku senang dengan bakal digelarnya pilkades di desanya. Apalagi ada beberapa nama pituin Karangbaru yang sudah siap untuk mencalonkan diri dalam pilkades nanti.
 
Siapapun yang nantinya akan terpilih, itu berarti adalah pilihan warga Karangbaru. Pihaknya juga senang jika ada lagi calon lain yang ingin maju.
 
 
 
"Tentu saja warga Karangbaru sangat antusias menyambut pelaksanaan pilkades. Sebab, kami bisa benar-benar memilih calon kepala desa yang mempunyai jiwa pemimpin, peduli dan punya prinsip memajukan desanya," tegas Yusnandi kepada radarkuningan.com.
 
Dia juga membenarkan kalau kepala desa sebelumnya sudah diberhentikan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama.
 
Pemberhentian tersebut disyukuri oleh seluruh masyarakat Karangbaru yang memang menginginkan kepala desa diberhentikan lantaran sudah hilang kepercayaan. 
 
"Setahu kami, surat pemberhentian kepala desa lama setelah lebaran lalu. Karena sudah resmi kosong, akhirnya Desa Karangbaru juga termasuk salah satu desa yang menyelenggarakan pilkades tahun ini," katanya, Jumat siang 9 Juni 2023.
 
 
 
Yusnandi menyebutkan, ada dua nama warga Karangbaru yang berniat maju sebagai bakal calon kepala desa. "Denger-denger ada dua orang yang akan maju. Yaitu Pak H Andri dan Pak Ujang Jasman. Keduanya warga asli Karangbaru. Tapi bisa juga bertambah calonnya. Kan pendaftaran bakal calon kepala desa belum dibuka," ujar Yusnandi.
 
H Andri sendiri, lanjut dia, dikenal warga Karangbaru sebagai sosok pengusaha yang cukup sukses di bidang retail. Usahanya berada di Bekasi dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
 
"Pak H Andri terbilang tokoh masyarakat Karangbaru yang ada di perantauan. Beliau seorang pengusaha yang cukup besar, dan usianya juga masih muda," imbuhnya. 
 
 
 
Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, Hamdan Harismaya membenarkan jika Desa Karang menjadi bagian dari 94 yang menyelenggarakan Pilkades.
 
Menurut Hamdan, sesuai aturan yang berlaku, bagi desa yang kepala desanya berhenti, diberhentikan dan berhalangan tetap, maka ditunjuk seorang Pj Kepala Desa.
 
"Ya memang betul Desa Karangbaru akan melakukan pemilihan kepala desa baru. Desa ini termasuk dari 94 desa lainnya yang sama-sama menggelar Pilkades. Sekarang Kepala Desa Karangbaru dipegang oleh Pejabat atau Pj yang berasal dari kecamatan setempat yakni Kasi Pemerintahan Kecamatan," sebut Hamdan kepada radarkuningan.com.
 
Hamdan memaparkan, tahapan kegiatan pelaksanaan Pilkades serentak terdapat sebanyak 39 tahapan. Dimulai 2 Juni dan berakhir saat pelantikan kepala desa terpilih yakni antara tanggal 3 sampai 5 Oktober 2023. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: