Ini Calon Pj Bupati Kuningan, Diantaranya Ada Nama Direktur PEIPD Ditjen Bangda Kemendagri

Ini Calon Pj Bupati Kuningan, Diantaranya Ada Nama Direktur PEIPD Ditjen Bangda Kemendagri

Direktur PEIPD Ditjen Banda Kementrian Dalam Negeri, Iwan Kurniawan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tak lama lagi, Bupati Kuningan H Acep Purnama akan berhenti dari tampuk jabatannya. Sesuai jadwal, orang nomor satu di Kabupaten Kuningan tersebut akan berhenti tanggal 4 Desember 2023.

Agar roda pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya, tentu saja posisi jabatan bupati tidak boleh kosong. Kementrian Dalam Negeri akan menunjuk Pejabat (Pj) Bupati Kuningan.

BACA JUGA:Promosikan ESG dan Ekowisata, Bank Mandiri Kembali Gelar Mandiri Jogja Marathon 2023

BACA JUGA:Bank Mandiri Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Match Day

Sejumlah nama disebut-sebut berpotensi menjadi Pj Bupati Kuningan, termasuk Sekda H Dian Rachmat Yanuar. Sekda Dian dianggap layak menjabat Pj Bupati karena memiliki dedikasi, kemampuan, etos kerja, komunikatif dan juga dekat dengan semua komponen masyarakat.
 
Hubungan antara Sekda Dian dengan parlemen daerah juga sangat mesra. Karir Dian di pemerintahan cukup cemerlang sehingga bisa menjabat posisi orang ketiga di Pemkab Kuningan.
 
Nama lainnya yang berpeluang menjadi Pj Bupati Kuningan adalah Iwan Kurniawan. Pria kelahiran Kuningan tersebut saat ini menjabat Direktur Perencanaan, Evaluasi, Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bangda pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
Iwan sendiri kerap ke daerah-daerah di seluruh Indonesia karena berhubungan dengan posisinya sebagai direktur.
 
 
 
Sumber radarkuningan.com mengatakan, peluang Iwan Kurniawan untuk menjabat Pj Bupati Kuningan cukup terbuka. Pengalamannya selama ini melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, akan memudahkan dirinya ketika dipercaya memimpin Kuningan. Apalagi dia juga berasal dari Kabupaten Kuningan.
 
"Pak Iwan sangat cocok jika menjadi Pj Bupati Kuningan. Beliau cukup berpengalaman dalam pemerintahan daerah. Yang saya dengar, beliau sempat ditawari untuk menjadi Pj di daerah lain. Saya kira beliau akan ditunjuk sebagai Pj Bupati Kuningan karena kedekatan emosional," tutur sumber tersebut, Jumat 16 Juni 2023.
 
 
 
Sementara soal kinerja Sekda Dian pernah dipuji oleh Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kuningan, H Dede Ismail. Deis, panggilan akrabnya, memuji kinerja yang ditunjukkan Dian selama bekerja sebagai Sekda Kabupaten Kuningan. Karena itu, pihaknya merasa puas atas dedikasi serta kinerja Sekda Dian.
 
"Untuk kinerja pak sekda, saya acungkan jempol. Beliau sangat kompeten dan piawai mengelola administrasi pemerintahan. Secara umum, saya puas dengan hasil kinerjanya," sebut Deis.
 
 
 
Hubungan eksekutif dan legislatif, kata Deis, selama ini juga sudah terjalin sangat baik berkat kompetensi kinerja sekda. Apalagi selama menjabat sekda, Dian mampu menempatkan posisinya yakni menjadi jembatan antara pemerintah dan dewan.
 
"Beliau figur yang mampu menyatukan persepsi antara dewan dan pemerintah," pungkasnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: