Bupati Kuningan Pimpin Hari Koperasi, Kepala Diskopdagperin Gelorakan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi

Bupati Kuningan Pimpin Hari Koperasi, Kepala Diskopdagperin Gelorakan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi

Bupati Kuningan H Acep Purnama dan Kepala Diskopdagperin U Kusmana bersama penerima penghargaan pada peringatan Hari Koperasi ke 76, Senim 17 Juli 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdaperin) Kabupaten Kuningan memperingati Hari Koperasi ke 76.
 
Puncak acara peringatan ditandai dengan upacara yang berlangsung di halaman Setda Kuningan, Senin 17 Juli 2023. Bupati H Acep Purnama memimpin langsung upacara peringatan Hari Koperasi ke 76. 
 
 
Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakan, Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Diktum utama dan pertama, majunya usaha koperasi akan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 
 
Jika hal ini tidak terjadi, tetas bupati, bukan teorinya yang salah, namun praktiknya yang keliru dan harus diluruskan. Kekuatan bersama/ kolektif adalah kunci sukses koperasi.
 
"Bahwa koperasi sekarang diharapkan mampu menjawab tantangan zaman. Kemudian memiliki daya saing dan daya sanding yang besar bagi kemajuan koperasi itu sendiri," papar Bupati Acep saat memimpin upacara Hari Koperasi, Senin 17 Juli 2023.
 
 
Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana menuturkan, Hari Koperasi tahun ini mengusung tema nasional yaitu Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat.  Dan taglinenya adalah Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju. 
 
"Kabupaten Kuningan membuat tema turunan yakni Menuju Koperasi Modern dengan Inovasi dan Kolaborasi. Pada puncak peringatan, Diskopdagperin Kabupaten Kuningan juga memberikan penghargaan kepada koperasi dan desa-desa," ujar U Kusmana.
 
Menurut Uu, peringatan Hari Koperasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini disatukan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional.
 
Penyatuan ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk lebih memasyarakatkan kembali Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP).
 
 
"Ini sebagai wujud Bangga Berkoperasi yang melibatkan pilar-pilar ekosistem koperas. Dimana melibatkan banyak lembaga pendukung dan profesi penunjang perkoperasian," ujar Uu.
 
Antara lain melalui perkuatan program Desa Pinunjul serta Kecamatan Koperasi yang diharapkan dapat memberikan semangat yang lebih besar bagi pertumbuhan dan perkembangan potensi KUMKM lokal.
 
"Tujuannya agar KUMKM lokal semakin profesional, mandiri, kuat dan berdaya saing, serta semakin tumbuh besar peranannya dalam perekonomian nasional dan daerah," sebut Uu.
 
Sementara Ketua Panitia Hari Koperasi, Plh. Kabid Koperasi Alvin Fitranda menerangkan, tahun ini ada 11 giat strategis yang berhasil diupayakan dalam rangka memeriahkan Harkop ke-76.
 
 
Diantaranya :
membuat surat imbauan pemasangan spanduk Hari Koperasi ke -76, dan juga penilaian Satyalancana Pembangunan Bupati Kuningan. 
 
"Roadshow program kolaborasi anjangsana dan bina edukasi koperasi (Prokasi Abadi Koperasi) bersama Tim Penggerak PKK kepada 32 Kecamatan. Pembiayaan Akta Notaris Badan Hukum Koperasi, 
penilaian Koperasi Berprestasi, pemberian penghargaan Desa Pinunjul Koperas," terang Alvin.
 
 
Kegiatan lainnya adalah program kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, 
pelaksanaan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Kuningan. Jiga pemasangan Twibbon, dan umbul-umbul di lingkungan SKPD dan Sekretariat Koperasi.
 
"Kemudian mengisi stand Koperasi dan UMKM pada Gelaran Harkop Tingkat Provinsi, 27-29 Juli 2023 di Kawasan Central Park Meikarta Kabupaten Bekasi," pungkas Alvin. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: