Kejar Target PAD, Sekda Kuningan Ajak Bappenda dan Camat Rapat Evaluasi Pelunasan PBB 2023

Kejar Target PAD, Sekda Kuningan Ajak Bappenda dan Camat Rapat Evaluasi Pelunasan PBB 2023

Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar didampingi Kepala Bappenda, Guruh Irawan Zulkarnain dan Sekban Bappenda, H Diding Wahyudin memimpin rapat evaluasi pelunasan PBB tahun 2023, Rabu 9 Agustus 2023.--

"Kami juga mengajak seluruh Camat untuk mengarahkan para kepala desa dalam melaksanakan tugas pembantuan," ujar Sekda Dian, Rabu 9 Agustus 2023.

Sekda juga mencatat bahwa tanggal jatuh tempo PBB tahun ini adalah 31 Agustus. Untuk itu diperlukan aksi cepat dalam rangka percepatan pemungutan PBB. 

"Kami memberikan apresiasi khusus kepada Kecamatan Garawangi yang telah mencapai pelunasan 100 persen," kata calon Penjabat (Pj) Bupati Kuningan tersebut.

BACA JUGA:Punya Lintasan Baru, Ujian Praktik Bikin SIM C Lebih Mudah, Begini Penjelasan Kasat Lantas Polres Kuningan

Menurut Dian, upaya percepatan pelunasan PBB bukan hanya tugas Bappenda saja, tapi juga melibatkan kolaborasi lintas lembaga dan partisipasi masyarakat. 

"Semua pihak diharapkan dapat berpikir kreatif dan memberikan kontribusi positif. Ini untuk mengatasi tantangan keuangan yang dihadapi Kabupaten Kuningan dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah," ajak sekda 

Sedangkan Kepala Bappenda  Kabupaten Kuningan Guruh Irawan Zulkarnain didamping Sekretaris Bappenda, Hi Diding Wahyudin membenarkan pemaparan Sekda Dian. 

BACA JUGA:Pilkades Serentak Tanpa Insiden, Kepala DPMD Kuningan: Berkat Kerja Keras Tim Pengamanan, Panitia dan Warga

Guruh menyebutkan, berbagai harapan dan inisiatif telah diperkenalkan dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan memotivasi partisipasi masyarakat dalam pelunasan PBB. 

"Salah satu langkah penting adalah pembentukan tim observasi kecamatan untuk melaksanakan koordinasi dengan kepala desa. Tim ini dibentuk untuk membantu memantau perkembangan penagihan PBB," sebut Guruh 

Guruh memaparkan capaian positif terlihat dalam pencapaian target PBB sebesar Rp43 miliar. Saat ini  telah mencapai  71 persen.

*Kabupaten Kuningan merupakan contoh sukses, dengan pencapaian target PBB mencapai 100 persen setiap tahunnya," ungkap Guruh.

BACA JUGA:5 Tempat Kuliner di Kecamatan Jalaksana Kuningan, Ada Empal Kepala Kambing Legendaris Jamaha, Harga Terjangkau

Langkah ini mencerminkan upaya keras dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kontribusi pajak.

"Semua ini buah kerjasama semua pihak mulai dari tingkat desa hingga kabupaten," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: