Amankan Pemilu Serentak 2024, Polres Kuningan Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata

Amankan Pemilu Serentak 2024, Polres Kuningan Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata

Polres Kuningan menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata lodaya 2023-2024, Selasa 17 Oktober 2023.--

"Ini untuk mengantisipasi polarisasi yang mungkin muncul akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood, dan black campaign. Operasi ini juga dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai," sebut Kapolri 

Sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi, dan informasi (K3I), lanjut Kapolri, operasi ini akan didukung oleh command center di tingkat Mabes Polri hingga Polda.

Dengan sarana prasarana modern dan fitur-fitur terkini, diharapkan command center mampu mengintegrasikan data dan informasi sehingga personel pengamanan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA, Sekda Dian Kembali Jadi Ketua Tim Pansel, 4 Kursi JPT Pratama Pemkab Kuningan Dilelang

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyoroti ancaman terorisme yang harus dihadapi dengan serius. Dia menyebutkan pada Pemilu 2019, terdapat enam aksi serangan teror, Kapolri menekankan bahwa hal serupa tidak boleh terjadi di pemilu 2024.

Terlebih mengingat eskalasi konflik antara Hamas dan militer Israel yang dapat berdampak pada situasi di Indonesia.

Kapolri memberikan beberapa poin yang harus diperhatikan oleh seluruh peserta apel gelar pasukan Mantap Brata.

Antara lain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

BACA JUGA:Jatuh ke Dalam Sumur Penuh Gas Amonia, Warga Pamulihan Kuningan Meninggal, Damkar Butuh Satu Jam untuk Evakuas

"Semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua, Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi," papar Kapolri.

Kemudian laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system.

"Guna menjamin keselamatan personel. Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing,” imbaunya. 

Usai mengikuti apel,  Sekda  Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar mengapresiasi kegiatan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

BACA JUGA:Akibat Terkendala Stok Gabah, Harga Beras Makin Mahal di Pasar Kepuh Kuningan, Tembus 14 Ribu

Sekda menegaskan dukungan penuh Pemkab Kuningan terhadap upaya menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat dalam mensukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: