Berpacu dengan Waktu, Tahapan Seleksi Terbuka JPT Pemkab Kuningan Dikebut, Peserta Jalani Uji Makalah

Berpacu dengan Waktu, Tahapan Seleksi Terbuka JPT Pemkab Kuningan Dikebut, Peserta Jalani Uji Makalah

Ketua Tim Pansel JPT Pratama, H Dian Rachmat Yanuar memberikan pengarahan saat tahapan seleksi pembuatan makalan, Sabtu 4 November 2023. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama yang digelar Pemkab Kuningan seolah sedang berpacu dengan waktu.

Kendati Sabtu 4 November 2023 merupakan hari libur, namun tidak bagi peserta seleksi JPT Pratama atau lelang jabatan.

Sebelum tahapan pembuatan makalah, seluruh peserta open bidding yang berjumlah 17 orang sudah menuntaskan assesment dan psikotes di Grage Sangkan Spa, Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar.

Dalam tahapan ini, peserta dibagi dua kelompok karena pelaksanaan assesment dan psikotes dilakukan dua hari.

BACA JUGA:Legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro Mendadak Persib, Didampingi Bobotoh Cantik asal Kuningan

Dan bertempat di Gedung Pusdiklat milik BKPSDM Kuningan, ke 17 peserta lelang jabatan menjalani tes pembuatan makalah dari tim pansel, Sabtu 4 November 2023.

Setiap peserta membuat isi tema sesuai judul yang diberikan Ketua Tim Panitia Seleksi, H Dian Rachmat Yanuar bersama anggota pansel, Drs Dudi Budiana.

Sekda Dian memberikan tema kepada peserta seleksi. Tema tersebut harus ditulis menjadi makalah disesuaikan dengan jabatan yang dipilih.

Misalnya peserta memilih dua jabatan yang berbeda seperti staf ahli bupati dan asisten daerah, maka isi makalah juga harus berbeda. 

BACA JUGA:Side Land Kaduela Kuningan, Wisata Air di Perbatasan Tiga Daerah, Mudah di Akses dari Tol Cipali

"Peserta harus menuangkan pemikirannya melalui penulisan makalah dikaitkan dengan jabatan yang dipilih dalam seleksi JPT. Satu tema untuk 17 peserta, namun isi makalah yang ditulis peserta tentu berbeda," ujar Dian di hadapan peserta seleksi, Sabtu 4 November 2023.

Menariknya, Sekda Dian rupanya ingin tahu jalan pemikiran dan sudut pandang calon JPT dalam menghadapi kondisi keuangan daerah yang sedang tidak baik.

Caranya melalui judul makalah yang diberikan kepada seluruh peserta seleksi.

"Judul tema yang diberikan oleh Pak Ketua Pansel JPT ini untuk seluruh peserta. Judul yang diberikan yakni Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah Dalam Rangka Kemandirian Fiskal. Waktu pengerjaan makalah 100 menit," tambah Syaepul Bahri, Anggota Sekretariat Tim Pansel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: