Daftar Penyakit Zoonosis yang Bisa Ditularkan oleh Kucing, Kotak Kotoran Harus Sering Dibersihkan

Daftar Penyakit Zoonosis yang Bisa Ditularkan oleh Kucing, Kotak Kotoran Harus Sering Dibersihkan

Zoonosis yang ditularkan oleh kucing diantaranya adalah ringworm, toxoplasmosis dan bartonellosis. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Zoonosis itu menyebabkan penyakit pada manusia. Ada beberapa penyakit yang juga bisa ditularkan oleh kucing sebagai perantara. 

Kucing ras maupun kucing kampung baik hewan peliharaan maupun hidup liar, memiliki risiko penularan penyakit atau zoonosis karena mereka dapat menjadi penyimpan berbagai mikroorganisme patogen.

Untuk kucing yang menjadi hewan peliharaan, kotak kotoran mesti mendapatkan perhatian dari pemilik agar rajin dibersihkan. 

Berbagai faktor, seperti gaya hidup kucing, lingkungan di sekitarnya, dan kondisi kesehatannya, dapat mempengaruhi sejauh mana kucing dapat menjadi sumber potensial penularan penyakit ke manusia.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Kulit pada Kucing: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Penyakit zoonosis yang ditularkan oleh kucing:

1. Toxoplasmosis

Penyakit Toxoplasmosis disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Gejalanya pada manusia bisa beragam, seperti demam, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, infeksi ini bisa menjadi lebih serius.

Cara penularannya ke manusia bisa melalui kontak langsung dengan tinja kucing yang terinfeksi atau dengan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh telur (oocyst) parasit tersebut.

2. Dermatophytosis (Ringworm)

Dermatophytosis, atau yang lebih dikenal sebagai ringworm, adalah infeksi jamur pada kulit, rambut, atau kuku. Gejalanya umumnya melibatkan ruam berbentuk lingkaran, rasa gatal, dan kerontokan rambut di area yang terinfeksi.

BACA JUGA:'Mengapa Kucing Tidak Mau Makan?' Ini Penjelasan dan Tindakan Cepat yang Perlu Dilakukan

Penularan ringworm dari kucing ke manusia umumnya terjadi melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau melalui benda-benda yang terkontaminasi, seperti sisir atau tempat tidur.

3. Bartonellosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: