Rute Kereta Api Jalur Cirebon - Kadipaten Ternyata Melipir Jalur Pantura, Disambung ke Bandara Kertajati?

Rute Kereta Api Jalur Cirebon - Kadipaten Ternyata Melipir Jalur Pantura, Disambung ke Bandara Kertajati?

PT KAI Daop 3 Cirebon punya aset Jalur Kereta Api Cirebon Kadipaten yang diharapkan dapat dikoneksikan dengan Bandara Kertajati untuk transportasi KA Bandara. Foto hanya ilustrasi.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

Cirebon, RADARKUNINGAN.COM - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 3 Cirebon memiliki aset jalur Kereta Api dari Cirebon ke Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

Jalur Kereta Api Cirebon Kadipaten itu, mengundang pertanyaan banyak pihak termasuk dari Forkopimda Kabupaten Majalengka, apakah mungkin direaktivasi dan menjadi rute KA Bandara Kertajati.

Pasalnya, Forkopimda Majalengka melihat potensi pergerakan penumpang melalui kereta api bandara bila terkoneksi ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Selain itu, dapat menjadi penunjang pergerakan penumpang dari Cirebon ke Majalengka dan sebaliknya.

BACA JUGA:Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin Diganti, Lagi Gencar Promosikan Bandara Kertajati

Apalagi, menurut sejarah memang jalur ini dulunya ramai digunakan masyarakat baik penumpang umum maupun pedagang.

Jalur kereta api bersejarah ini, nonaktif sekitar tahun 1970-an dan kini sebagian besar sudah tertutup oleh pesatnya pembangunan.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana mengakui, pihaknya memang sering ditanya terkait kemungkinan adanya reaktivasi jalur kereta rute Cirebon - Kadipaten.

Bahkan terkait kemungkinan adanya kereta api Bandara Kertajati. Terutama untuk dukungan akses dari wilayah Cirebon Raya.

BACA JUGA:Penyakit Aneh Fery Farhati Ganis, Pendengaran Menurun Setiap Kali Melahirkan, Kini Pakai Alat Bantu Dengar

Namun keberadaan jalur nonaktif tersebut tentu memerlukan observasi lebih lanjut dan menjadi kewenangan dari pemerintah. Sebab, PT KAI hanya bertindak dari sisi operator.

"Memang belum ada kabar bahwa akan ada KA Bandara Kertajati dari Cirebon atau sebaliknya," kata Dicky, belum lama ini.

Meski demikian, Dicky tidak menutup kemungkinan terkait di masa datang akan ada jalur kereta tersebut. Tentunya dengan 2 opsi yakni melakukan reaktivasi atau menggunakan jalur baru.

Sementara itu, berdasarkan sejumlah sumber sejarah yang didapatkan radarkuningan.com, Jalur Kereta Cirebon Kadipaten ternyata melintasi area sekitar Jalan Pantura dan Jalan Raya Cirebon Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: