5 Cara Mengobati Mata Kucing Belekan Beserta Penyebabnya, Cukup Menggunakan Bahan Dapur?

5 Cara Mengobati Mata Kucing Belekan Beserta Penyebabnya, Cukup Menggunakan Bahan Dapur?

cara mengobati mata kucing belekan-vra-radarkuningan.com

Konjungtivitis adalah sebuah kondisi peradangan pada membran lendir yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan bola mata kucing.

Umumnya, infeksi suatu bakteri atau virus menjadi pemicu terbesar konjungtivitis ini terjadi pada kucing. Gejala umum yang bisa kita lihat dari konjungtivis ini diantara lain seperti, mata yang tampak merah, berair, dan mengeluarkan cairan kental.

3. Epifora/Mata Berair

Epifora adalah sebuah kondisi atau situasi ketika kucing memiliki produksi air mata yang berlebihan. Beberapa faktor penyebabnya seperti:

  • saluran air mata yang tersumbat
  • pembuatan air mata yang berlebihan
  • ketidaknormalan pada kelopak mata
  • adanya iritasi pada mata

Saluran air mata yang tersumbat tersebut dapat menyebabkan mata kucing menjadi kering dan mengakibatkan kotoran pada mata atau belekan.

BACA JUGA: 10 Nama Kucing yang Berarti Beruntung dan Nasib Baik Untuk Pemiliknya!

5 Cara Mengobati Mata Kucing Belekan

Diatas tadi merupakan beberapa faktor atau penyebab yang bisa menyebabkan belekan pada kucing. Sekarang kita akan masuk ke inti topik kita, yakni cara mengobati mata kucing belekan.

1. Membersihkan Mata Secara Rutin

Cara mengobati mata kucing belekan yang pertama, tentunya dengan cara membersihkan mata kucing secara ruitn.

Karena dengan begitu, kita dapat membantu sekaligus mengantisipasi kotoran atau benda asing yang menyebabkan belekan.

Salah satu cara umum yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengusap area sekitar mata menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih dan hangat, secara lembut dan menyeluruh.

2. Gunakan Larutan Garam

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan larutan saline steril (garam dapur yang larut dalam air matang) untuk membersihkan mata kucing. 

Yep, air garam dapat membantu membersihkan mata kucing dan meredakan peradangan ringan. Dengan cara teteskan larutan saline/garam pada bola kapas dan usaplah lembut di sekitar mata untuk membersihkan belek kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: