Minggu Pagi, Kepala BBPJN dan Bupati Kuningan Resmikan Jalan Wisata Cipari-Cisantana, Ini Agendanya

Minggu Pagi, Kepala BBPJN dan Bupati Kuningan Resmikan Jalan Wisata Cipari-Cisantana, Ini Agendanya

Ruas jalan wisata Cipari-Cisantana yang sudah rampung pengerjaannya akan diresmikan fungsional bertepatan dengan Hari PU, Minggu 3 Desember 2023. (Agus Sugiarto)--

RADARKUNINGAN.COM - Kendati fasilitas pendukungan belum sepenuhnya terpasang, namum jalan wisata Cipari - Cisantana akan diresmikan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama. 

Rencananya, peresmian fungsional jalan lingkar barat tersebut digelar hari Minggu tanggal 3 November 2023. Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DKI Jakarta- Jawa Barat akan hadir dalam acara peresmian tersebut.

Jalan baru Cipari - Cisantana diproyeksikan sebagai jalan wisata untuk mendukung pengembangan sektor wisata di Kabupaten Kuningan.

Ruas jalan ini dimulai dari jalan nasional Kuningan - Ciamis tepatnya di Kelurahan Cipari hingga persimpangan jalan lama Cigugur - Cisantana.

BACA JUGA:Cocok untuk Keluarga! Inilah Beberapa Destinasi Liburan yang Wajib Anda Kunjungi di Bogor

Panjang jalan wisata yang dibangun berdasarkan Inpres APBN tahun 2023 sebesar Rp23 miliar.

Kemudian ada penambahan lagi sebesar Rp2 miliar yang akhirnya digunakan untuk overlay jalan Cigugur - Cisantana sepanjang 1,4 kilometer.

Pembangunan fisik jalan sendiri sudah selesai 100 persen. Yang belum adalah pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya yang direncanakan sebanyak 50 titik. Kemudian marka jalan serta rambu-rambu lalulintas.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menjelaskan, sebenarnya bukan acara peresmian jalan yang akan dilakukan di hari Minggu nanti. Namun hanya peringatan Hari Bakti PU.

BACA JUGA:Sirih Gading, Tanaman Hias Tahan Panas dan Cara Yang Cocok Untuk Merawatnya

"Kata bahasa teman-teman di Balai Besar PJN, bukan peresmian. Tapi karena tanggal 3 Desember merupakan Hari Bakti PU ke 78, maka acaranya di jalan baru Cipari. Insya Allah pak kepala balai dan jajarannya akan hadir, termasuk pak bupati dan Forkopimda," kata Kabid Teddy, Jumat 1 Desember 2023.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara balai dan pemerintah daerah terkait peresmian fungsional jalan baru Cipari-Cisantana.

Di Kabupaten Kuningan ada dua program Inpres pembangunan jalan daerah. Yaitu Cipari-Cisantana dan Cipasung-Subang.

"Beres dari acara di Cipari, pak bupati, Forkopimda, kepala balai dan rombongan akan konvoi menggunakan motor dan mobil ke Selajambe. Yah jalan-jalan sambil menikmati jalan yang baru selesai direhabilitasi," terang Teddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: