Alumni SMAN 1, Brigjen Aan Suhanan Ternyata Putra Daerah Kabupaten Kuningan

Alumni SMAN 1, Brigjen Aan Suhanan Ternyata Putra Daerah Kabupaten Kuningan

Brigjen Aan Suhanan, putra daerah Kabupaten Kuningan dan alumni SMAN 1 Kuningan.-Aan Suhanan/Ig-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Brigjen Aan Suhanan yang baru saja dilantik menjadi Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri), ternyata putra daerah dari Kabupaten Kuningan.

Brigjen Aan Suhanan bahkan menempuh pendidikan di Kabupaten Kuningan tepatnya di SDN Garawangi, SMPN 1 Garawangi lalu melanjutkan ke SMAN 1 Kuningan.

Ketika itu, SMAN 1 Kuningan adalah sekolah favorit yang menjadi barometer pendidikan di Kota Kuda. 

Setamat di sekolah favorit di Kabupaten Kuningan itu, Brigjen Aan Suhanan lantas melanjutkan pendidikan di Akademi Polisi (Akpol) dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

BACA JUGA:Perjalanan Karir Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan yang Kini Jadi Kepala Korlantas Polri

Meski berasal dari Kabupaten Kuningan, Brigjen Aan Suhanan justru lebih banyak menghabiskan karirnya di wilayah Polda Jawa Tengah (Jateng), Polda Banten hingga Kalimantan, kemudian Polda Metro Jaya sebelum akhirnya ke Mabes Polri.

Bahkan, Brigjen Aan Suhanan merintis karir dimulai dari Polres Surakarta, lantas sempat menjadi kapolsek hingga kapolres.

Sosok pria kelahiran Kabupaten Kuningan, 31, Januari 1967 tersebut bakal memimpin Korlantas Polri setelah resmi dilantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pelantikan tersebut ditandai dengan Surat Karobinkar SSDM Polri nomor B/ND-500/XII/Kep/2023/Robinkar tanggal 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Brigjen Aan Suhanan, Putra Daerah Kuningan Kini Jadi Kakorlantas Polri

Berbagai jabatan strategis pernah diemban oleh Brigjen Aan Suhanan yakni Kapolres Pekalongan pada tahun 2007, Kapolres Sukoharjo pada tahun 2008.

Setelah itu, Brigjen Aan Suhanan pindah tugas menjadi Wakapolres Metro Jakarta Barat pada tahun 2009. Jabatan lain yang pernah diemban adalah Dirsabhara Polda Kalimantan Tengah pada tahun 2011.

Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri tahun 2013, Analis Kebijakan Madya STIK Lemdikpol 2014.

Setahun berselang kemudian menjabat Dirpamobvit Polda Metro Jaya, kemudian di tahun 2016 jenderal asal Kabupaten Kuningan ini menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: