Viral Pulau Jawa Tidak Ada Awan, Pantas Panas Banget Beberapa Hari Terakhir

Viral Pulau Jawa Tidak Ada Awan, Pantas Panas Banget Beberapa Hari Terakhir

Viral foto Pulau Jawa tidak ada tutupan awan hujan. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Penampakan Pulau Jawa tidak ada awan viral di media sosial, karena tidak ada tutupan sama sekali. Hal ini dikaitkan dengan cuaca panas pada beberapa hari terakhir. 

Salah satu tangkapan layar viral tersebut diunggah akun Jawafess, baru-baru ini. "Nasib Pulau Jawa," tulis keterangan tersebut yang dikutip radarkuningan.com, Minggu, 24, Desember 2023.

Penampakan foto tersebut menunjukkan kondisi Pulau Jawa yang tidak ada tutupan awan sama sekali. Berbeda dengan pulau lainnya yang masih memiliki tutupan awan hujan.

"Jawa jarang udan," tulis salah satu pengguna media sosial. "Mataharine nang jawa lali ga ngombe parasetamol mau," tulis warganet lainnya.

BACA JUGA:Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati Hari Ini, Ada Ke Bali hingga Malaysia

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan, tidak adanya awan di atas Pulau Jawa dikarenakan suplai pertumbuhan awan hujan yang sedikit.

"Perlu diketahui bahwa saat ini wilayah Indonesia masih dipengaruhi fenomena El Nino moderat dengan indeks 1,83," ujarnya, dilansir dari kompas. 

Guswanto melanjutkan, fenomena ini juga dipengaruhi oleh adanya sistem tekanan rendah dari Ex-Siklon Tropis Jelawat yang berada di Laut Cina Selatan.

Bibit siklon tersebut telah menarik pertumbuhan awan di atas Pulau Jawa, terutama pada bagian barat. Tidak adanya tutupan awan, menurut Guswanto, menyebabkan sinar Matahari secara optimal langsung mengarah ke permukaan Bumi, dalam hal ini Pulau Jawa dan sekitarnya.

BACA JUGA:Manchester United Takluk dari West Ham, Erik Ten Hag Salahkan Hal Ini, 4 Laga Tanpa Gol

"Sehingga kita merasakan suhu seperti lebih panas," kata dia. Kendati demikian, dia memastikan, kondisi cuaca panas yang dirasakan belakangan ini masih tergolong normal. Sebab, suhu maksimum di wilayah Indonesia saat ini masih berkisar 34-36 derajat Celsius. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: