Kenapa Dinamakan Janda Bolong? Ternyata Begini Asal Usul Nama Tanaman Monstera di Indonesia

Kenapa Dinamakan Janda Bolong? Ternyata Begini Asal Usul Nama Tanaman Monstera di Indonesia

Kenapa Dinamakan Janda Bolong? Ternyata Begini Asal Usul Nama Tanaman Monstera di Indonesia-Leafy Soulmates-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Untuk kalian yang suka memelihara tanaman hias pastinya sudah tidak asing dengan tanaman hias janda bolong, bukan?

Nah, tanaman hias yang memiliki keunikan pada bentuk daunnya ini terkenal dalam pecinta botanika dan cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Tapi apakah kalian tahu kenapa dinamakan janda bolong? Tanaman yang memiliki nama ilmiah monstera adansonii ini tidak hanya memiliki bentuk daun yang indah, tapi juga menyimpan manfaat kesehatan.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini dapat menjernihkan udara di dalam rumah kalian, oleh karena itu janda bolong lebih sering diletakan di dalam ruangan.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tanaman Biasa, Berikut 6 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya

Namun, mungkin kalian penasaran kenapa dinamakan janda bolong? Dan ada beberapa yang berpendapat alasan tanaman monstera ini dinamakan seperti itu karena bentuk daunnya yang belubang.

Kenapa Dinamakan Janda Bolong?

Seperti yang dilansir dari laman resmi CNN, terdapat alasan kenapa monstera dinamakan janda bolong.

Menurut Yuzammi, nama "janda bolong" berasal dari bahasa Jawa, yaitu "ron phodo bolong", yang berarti daun bolong, dan biasanya diucapkan secara singkat menjadi "ron dho bolong", yang terdengar seperti mengucapkan kata "rondo", yang dalam bahasa Jawa berarti "janda."

Meskipun sang peneliti takut mendengar nama "janda bolong", tanaman hias berdaun bolong tersebut menjadi semakin populer dan menarik banyak pecinta tanaman hias.

BACA JUGA:Kenali 5 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Dalam Rumah, Sudah punya?

"Janda bolong", yang berasal dari marga Monstera (tanaman yang berasal dari Amerika Tropis), bukan satu-satunya tanaman hias di Indonesia dengan nama yang aneh. 

Selain itu, monstera juga disebut keju swiss (tanaman keju Swiss). Nama populer ini berasal dari jenis monstera adansonii, di mana daunnya yang besar berbentuk hati mengembang dengan lubang seiring bertambahnya usia, menurut thespruce.com. Karakteristiknya semakin mirip dengan keju swiss karena ini.

Pecinta tanaman juga sangat menyukai keberadaan tanaman janda bolong di luar negeri. 

Menurut biologi.lipi.go.id, tanaman ini tersebar di Belize, Bolivia, Brazil, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Savador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Honduras, Lesser Antiles, Mexico, Nucaragua, panama, peru, Suriname, Trinidad & Tobago, dan Venezuela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: