Tahun Baru di Borobudur, Jangan Lupa Nikmati Mangut Daging Beong di The Joglo Panglipuran

Tahun Baru di Borobudur, Jangan Lupa Nikmati Mangut Daging Beong di The Joglo Panglipuran

The Joglo Panglipuran yang memiliki sajian khas Mangut Daging Beong. -Trip Advisor-radarkuningan.com

BACA JUGA:Jenis Kucing yang Langka? Ini dia 5 Fakta Unik Tentang Kucing Hitam yang Jarang diketahui!

Jika di Kabupaten Magelang, ikan ini bisa jumpai di Sungai Progo. Bentuk ikan ini menyerupai lele, namun ukurannya lebih besar. Selain itu juga memiliki daging yang cukup banyak di bagian kepalanya.

Sangat mudah menemukan menu Mangut Daging Beong di Kabupaten Magelang. Terlebih di Kecamatan Borobudur. Termasuk di antaranya di rumah makan The Joglo Panglipuran.

Rumah makan yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur ini memiliki tagline yang cukup unik. Bunyinya seperti ini: “pelipur resah dan gelisah”.

Dari motto yang tidak terlalu serius ini pengunjung sudah dapat langsung membayangkan situasi rumah makan tersebut. Resah dan gelisah pun hilang setelah menyantap Mangut Daging Beong.

BACA JUGA:Tahun 2023, Tindak Kriminalitas Naik, Kapolres Kuningan: Penganiayaan Santri Jadi Kasus Paling Menonjol

Mencicipi satu porsi ikan Beong pun, sepertinya tak cukup. Ikan yang disajikan dalam wajan kecil seukuran piring ini, hanya berisi sepotong ikan khas Kali Progo.

Pengunjung bisa memilih kepala, badan atau ekor. Atau bisa memilih tiga-tiganya alias satu ikan utuh, dijamin puas.

Menjelang salat Jumat, 29 Desember 2023, berkesempatan mencicipi sensasi kuliner yang ditawarkan rumah makan ini. Dengan satu porsi ditambah nasi, rasanya masih kurang.

Satu ekor beong siap santap itu berukuran sedang. Kira-kura panjangnya 20 cm. Pada suapan pertama, kuah dulu yang disantap. Luar biasa nikmat sedikit pedas.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Mengetahui Kucing Bahagia atau Tidak, Catlovers Wajib Tahu!

Setelah itu lidah langsung dihantam mangut daging beong. Karena tidak terlalu pedas, bisa lahab menikmati ikan khas sungai itu.

Untuk suapan berikutnya, daging yang sangat tebal membuat tambah nikmat. Apalagi di makan  di siang hari, diiringi musik klasik Jawa, tambah menggugah selera.

Ayo, ketika liburan tahun baru di sekitar Borobudur jangan lupa mampir ke The Joglo Panglipuran. Rumah makan terbaik di sekitar candi yang merupakan salah satu keajaiban dunia itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: