Kampung Tertinggi Ini Dijuluki Nepalnya Majalengka, Dikelilingi Lembah Panyaweuyan dan Bukit Mercury

Kampung Tertinggi Ini Dijuluki Nepalnya Majalengka, Dikelilingi Lembah Panyaweuyan dan Bukit Mercury

Kampung tertinggi di Kabupaten Majalengka yang dijuliki Nepal van Java.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Tempat ini sebuah dusun yang dijuluki kampung tertinggi di Majalengka. Selain itu kampung ini juga sering di sebut Nepal-nya Majalengka.

Dusun ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Lokasinya dikelilingi oleh lembah Panyaweuan yang begitu mempesona. Juga di bawah Bukit Mercury yang sangat indah.

Kampung tertinggi dan Nepal-nya Majalengka yang dimaksud adalah Dusun Cibuluh. Dusun ini berada di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura.

Dusun ini dijuluki sebagai kampung tertinggi di Majalengka, karena memiliki ketinggian 1.309 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dusun ini persis di kaki atau lereng bagian selatan Gunung Ciremai.

BACA JUGA:CEK FAKTA: Jalan Cadas Pangeran Longsor, Polres Sumedang Pastikan Video Hoax

Selain berada di lereng Gunung Ciremai, juga diapit oleh dua bukit. Karena itu, Dusun Cibuluh dijuluki Nepal van Java di Majalengka. Atau, Nepal-nya Majalengka.

Dusun ini memang mirip Nepal. Desain rumah yang tersusun secara teratur di lembah dan perbukitan, serta pemandangan hijau, mmenjadikan kampung ini sebagai Nepal-nya Majalengka.

Yang unik lagi, dusun ini dikelilingi oleh Lembah Panyaweuyan. Lembah tersebut telah terlebih dahulu menjadi daya tarik bagi masyarakat luas. 

Di atas Cibuluh, ada tempat wisata yang begitu terkenal. Namanya Bukit Mercury Sayang Kaak. Bahkan untuk menuju bukit tersebut harus melalui jalan yang ada di dusun ini.

BACA JUGA:3 Pertanda Kucing Bawa Ular Rumah Ke Rumah, Ternyata Ini Arti dan Alasannya

Bukit Mercury Sayang Kaak juga masih wilayah Dusun Cibuluh. Bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam mempesona. Tempat wisata ini dikelola oleh penduduk sekitar Gunung Ciremai.

Sebenarnya bukit ini adalah Bumi Perkemahan (Buper). Yang menawarkan wisata alam dengan pemandangan di kawasan dataran tinggi Argapura. Suasananya sangat indah  dan sejuk.

Harus diakui di Kecamatan Argapura terdapat banyak destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur keluarga. Di antaranya adalah adanya Dusun Cibuluh yang disebut mirip pegunungan Himalaya.

Dusun ini menjadi daya tarik bagi masyarakat. Tentu juga bisa diharapkan menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: