Dijuluki Kota Kuda, Inilah 6 Hal Unik Tentang Kabupaten Kuningan, Orang Kuningan Wajib Tahu!

Dijuluki Kota Kuda, Inilah 6 Hal Unik Tentang Kabupaten Kuningan, Orang Kuningan Wajib Tahu!

6 Fakta Unik Kabupaten Kuningan-Majalah GPriority-Radarkuningan.com

Kabupaten Kuningan juga memiliki sentra penjualan susu sapi yang tepatnya berada di Desa Cigugur dan Palutungan. Di sini, harga susu sapi per liternya terbilang sangat murah, tetapi berkualitas.

Selain itu, sentra penjualan susu sapi ini juga berlokasi tepat di kaki gunung Ciremai yang banyak dilalui saat akan berkunjung ke tempat wisata. Susu sapi Kuningan juga cocok dijadikan oleh-oleh lho, karena susu sapi ini juga banyak dijadikan sebagai olahan produk lainnya seperti yogurt, permen bola susu, dan masih banyak lagi.

4. Memiliki tiga jalur pendakian ke Gunung Ciremai 

Sama seperti kita tahu bahwa Kuningan memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Ciremai. Makanya tak heran jika Kabupaten Kuningan memiliki tiga jalur pendakian yaitu jalur Palutungan, jalur linggasana, dan jalur linggarjati.

BACA JUGA: Ini Bukan Legenda Lutung Kasarung, tapi Cerita Nyata Lutung Budeng, Si Hitam dari Gunung Ciremai

Dengan begitu tentunya memberikan keleluasaan bagi para pendaki untuk memilih jalur yang mana ketika hendak mendaki gunung Ciremai.

5. Memiliki Aneka Ragam Makanan Khas

Kuningan tidak hanya memiliki sejumlah tempat wisata, namun juga memiliki aneka ragam makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kuningan.

Ada banyak sekali makanan khas Kuningan diantaranya tahu yaitu kopeci, tape ketan, gemblong/ketempling, rujak kangkung, hucap, kowecang, dan masih banyak lagi.

6. Balap Kuda Saptonan

Kabupaten Kuningan juga memiliki budaya yang masih dilestarikan diantaranya adalah balap kuda Saptonan. Balapan kuda saptonan menjadi salah satu perayaan tradisional yang sangat terkenal di Kuningan. 

BACA JUGA: Inilah 3 Kafe Bernuansa Alam yang Hits dan Viral di Kuningan, Rasakan Sensasi Ngopi di Ketinggian 1200 mdpl

Masyarakat Kuningan mengadakan festival balap kuda saptonan setiap tahunnya dalam rangka hari jadi kabupaten Kuningan.

Tak hanya sekedar balapan kuda, namun balap kuda saptonan juga menampilkan keterampilan dan keindahan budaya setempat, yang dimeriahkan dengan usik, tarian, dan berbagai sajian kuliner tradisional.

Itulah beberapa fakta unik atau keunikan dari Kabupaten Kuningan yang dikenal dengan sebutan kota kuda.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: