Istilah Greenflation Pertanyaan Gibran yang Membuat Mahfud MD Tak Mau Menjawab dan Sebut Receh

Istilah Greenflation Pertanyaan Gibran yang Membuat Mahfud MD Tak Mau Menjawab dan Sebut Receh

Cawapres Gibran Rakabuming Raka menanyakan mengenai greenflation kepada Cawapres Mahfud MD di sesi debat KPU.-KPU-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Istilah greenflation menjadi pertanyaan dari Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka kepada Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD.

Pertanyataan tersebut sempat mengundang keriuhan, karena dianggap Gibran Rakabuming Raka menggunakan istilah yang sulit dipahami.

Bahkan, Cawapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar sempat menyindir bahwa debat ini seharusnya mengenai kebijakan, bukan terkait dengan istilah-istilah.

Padahal, Gibran menganggap bahwa isu greenflation merupakan hal penting. Sebab, di negara lain seperti Prancis telah terjadi demo rompi kuning yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:Apa Itu Greenflation yang Ditanya Gibran kepada Mahfud MD dan Dibilang Pertanyaan Receh?

"Demo rompi kuning di Prancis bahaya sekali, sudah memakan korban," kata Gibran menukil peristiwa yang terjadi di luar negeri.

Dia menegaskan, adanya demo rompi kuning yang terjadi di Prancis, sudah seharusnya menjadi perhatian dan diantisipasi.

"Harus kita antisipasi jangan sampai ke Indonesia, kita belajar dari negara maju. Negara maju aja masih ada tantangan-tantangannya," katanya.

Sebagai informasi, melansir Philonomist, greenflation merupakan kenaikan harga raw material atau material mentah dan energi yang digunakan untuk melakukan transisi hijau.

BACA JUGA:Momen Gibran Sindir Cak Imin, Ngomong Lingkungan Tapi Pakai Botol Plastik

Kata Greenflation menjadi sering terdengar seiring dengan semakin banyaknya negara-negara di dunia yang memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan dengan melakukan transisi penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

Upaya untuk merealisasikan komitmen tersebut tentu membutuhkan bahan material mentah dan energinya.

Nah harga bahan material ini tentunya berfluktuasi. Contohnya seperti perang di Ukraina yang mempengaruhi harga bahan material mentah dan menimbulkan Greenflation.

Meningkatnya pengeluaran untuk teknologi bebas karbon juga menyebabkan kenaikan harga bahan-bahan yang strategis untuk infrastruktur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: