Bukan Maung Putih tapi Macan Sancang, Sering Keluar Hutan, Mendekati Pemukiman Warga Setempat

Bukan Maung Putih tapi Macan Sancang, Sering Keluar Hutan, Mendekati Pemukiman Warga Setempat

Leuweung Sancang dihuni macan tutul Jawa. Foto hanya ilustrasi. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bukan hanya mitos Harimau Putih jelmaan Prabu Siliwangi, bagi warga Kecamatan Cibalong ini, juga tidak asing dengan Macan Sancang. 

Macan ini bukan mitos. Satwa liar ini adalah penghuni Cagar Alam Leuweung Sancang yang berlokasi di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Leuweung atau hutan ini memang terkenal mistis. Salah satunya karena diyakini sebagai nga-hyang atau berubah wujudnya Prabu Siliwangi menjadi harimau atau maung.

Bahkan warga setempat sering menjumpai Macan Sancang tersebut keluar habitatnya. Kadang-kadang lebih dari 1 ekor yang merangsek mendekati pemukiman warga setempat.

BACA JUGA:Sering Usil dan Bikin Kesal Pemiliknya, Ternyata Ini 5 Cara Kucing Minta Maaf Padamu, yang Jarang Diketahui!

Banyak cerita warga yang melihat beberapa macan tutul dari Hutan Sancang yang lokasinya di dekat pantai Laut Selatan tersebut. Macan itu tampak mecari mangsa keluar dari kawasan Cagar Alam Leuweung Sancang.

Yang paling heboh terjadi pada tahun 2022 lalu. Masyarakat menjumpai macan tutul yang berada di kawasan hutan Cibalong. 

Macan Sancang itu terdeteksi sedang berada di Kawasan Hutan Produksi Terbatas Kelompok Hutan Gunung Pasir Salam. Lokasinya di Blok Batu Nyenghel, Cicarulang, Desa Sagara, Kecamatan Cibalong.

Lokasi terdeteksinya macan tutul tersebut sudah tak jauh dari pemukiman warga setempat. Juga tidak jauh dari jalan raya lintas pantai selatan (Pansela).

BACA JUGA:Adopsi Kucing Kampung Dewasa Memiliki Karakter Liar, Inilah 3 Cara Mengubah Sikap Kucing!

Macan-macan hutan pantai selatan tersebut sudah lumayan menjauh dari habitat aslinya. Kira-kira sudah 12 km dari Kawasan Cagar Alam Leuweung Sancang, habitat macan-macan tersebut.

Yang menghebohkan, macan tutul yang terdeteksi itu bukan hanya 1 ekor. Warga melihatnya ada 3 ekor Macan Sancang. 

Bahkan keberadaan macan-macan tutul itu juga sempat terekam kamera warga. Warga tersebut memang sedang beraktivitas di kawasan hutan produksi itu.

Hutan produksi tersebut memang ditanami karet. Salah satu Macan Sancang itu terekam sedang berada di atas pohon karet tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: