Cadas Gantung, Keindahan Tersembunyi di Ujung Kuningan, Berbatasan dengan Cilacap

Cadas Gantung, Keindahan Tersembunyi di Ujung Kuningan, Berbatasan dengan Cilacap

Wisata alam Cadas Gantung di Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan.-AnazGoenz - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Wilayah Kabupaten Kuningan banyak memiliki destinasi wisata alam yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Salah satunya adalah Cadas Gantung di Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru. Lokasinya berada di ujung Kabupaten Kuningan dan berbatasan langsung dengan Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Cadas Gantung merupakan wisata alam yang terlihat seperti tanah lapang menghadap ke lebatnya hutan belantara dan perbukitan.

Di balik hutan rimba tersebut, sudah memasuki wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bisa dibilang, ini adalah tapal batas terakhir.

BACA JUGA:Cari Mobil Matic Murah? Ini Dia Rekomendasi Mobil Matic Murah 2024, Cuman 100 Jutaan Aja

Lokasinya berjarak sekitar 43 kilometer dari pusat kota Kuningan dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Namun, untuk menuju ke lokasi, harus dipastikan betul kendaraan dalam kondisi sehat baik dari sisi mesin maupun rem.

Mengingat jalanan di daerah ini, menanjak, menurun juga terdapat tikungan tajam yang perlu kehati-hatian.

Beruntung, akses jalan menuju lokasi sudah beraspal dan relatif baik untuk dapat dilalui kendaraan.

BACA JUGA:8 Bau Tidak Disukai Anabul Menjadi Solusi Mengusir Kucing Kampung yang Sering Berak Sembarangan, Tanpa Sakit!

Berdasarkan keterangan dari Perhutani, Cadas Gantung berada di petak 121.b Resrot Pemangkuan Hutan (RPH) Sumberjaya Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Luragung.

Secara administratif, Cadas Gantung berada di Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru yang merupakan tapak batas dengan Kabupaten Cilacap.

Ini merupakan kawasan hutan alam dengan luas kurang lebih 1,5 hektare. Secara umum berupa hutan pinus, area berbukit dan tanaman rimba campuran.

Daerah ini sudah berada pada ketinggian 1.237 meter di atas permukaan laut (MDPL). Sehingga cuaca cukup sejuk dan seringkali berkabut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: