Hati-hati! Inilah Beberapa Jenis Ular Berbisa yang Biasa Ditemukan dan Tinggal di Sekitar Sungai

Hati-hati! Inilah Beberapa Jenis Ular Berbisa yang Biasa Ditemukan dan Tinggal di Sekitar Sungai

ular berbisa di sungai-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Ular-Ular yang biasa ditemukan di sekitar sungai, danau, atau rawa termasuk dalam kategori Ular semiakuatik.

Mereka adalah jenis ular yang hidup dekat dengan air, dan kebanyakan dari mereka memangsa hewan-hewan air seperti katak, kodok, ikan, siput, kadal, dan kadang-kadang mamalia kecil.

Dalam kategori ular berbisa, terdapat beberapa jenis ular yang dapat ditemui di lingkungan tersebut. Pertama, kita memiliki ular berbisa menengah, yang sering kali menjadi penduduk tetap di daerah sekitar air.

Ular-ular ini memiliki toksin berbisa yang cukup kuat, dan dapat menjadi ancaman bagi hewan-hewan kecil maupun manusia.

BACA JUGA:Cara Menangani Ular Berbisa Masuk Rumah, Panji Petualang dan Damkar Kasih Tips Ini, Ada Langkah STOP!

Kemudian, ada juga ular berbisa tinggi yang sering kali mendiami daerah rawa atau sungai yang lebih terpencil. Ular-ular ini memiliki racun yang sangat kuat dan mematikan, dan sering kali menjadi pemangsa utama di lingkungan mereka.

Berikut adalah beberapa jenis ular berbisa yang seringkali ditemukan dan hidup di sungai.

1. Ular Mata Kucing

Ular mata kucing atau Ular Boiga (Genus Boiga) merupakan jenis ular yang dinamai demikian karena matanya yang besar dan pupilnya vertikal, mirip dengan mata kucing.

Ular ini biasanya ditemukan di pohon-pohon yang berdekatan dengan perairan, serta di hutan bakau, meskipun tidak jarang mereka juga ditemukan di pepohonan yang jauh dari air.

BACA JUGA:Hati-hati Jangan Sampai Kegigit! Inilah 3 Jenis Ular Berbisa yang Berbahaya dan Hidup di Sawah

Panjang tubuhnya bervariasi antara 1 hingga 2 meter, dan memiliki warna sisik yang cantik.

Meskipun sering disalahpahami sebagai ular berbisa tinggi, kenyataannya ular Boiga adalah jenis yang agresif namun tidak berbahaya bagi manusia.

Semua ular dari genus Boiga termasuk dalam kategori ular berbisa menengah, dengan taring yang terletak di bagian belakang mulutnya. Makanan favorit mereka adalah burung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: