Menjalani Ibadah Puasa Sambil Menurunkan Berat Badan? Yuk Olahraga di Waktu yang Tepat

Menjalani Ibadah Puasa Sambil Menurunkan Berat Badan? Yuk Olahraga di Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat olahraga saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.-Yoga with Linda Tv - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Di bulan Ramadhan, banyak orang memanfaatkan kesempatan puasa tidak hanya sebagai ibadah, tapi juga sebagai kesempatan untuk mencapai tujuan kesehatan, khususnya menurunkan berat badan.

Melakukan olahraga di saat menjalani puasa membutuhkan pertimbangan khusus, termasuk memilih waktu yang ideal. Memilih waktu yang sesuai untuk olahraga yang dapat mencegah tubuh merasa lelah dan dehidrasi.

Berolahraga ketika berpuasa juga memberikan sejumlah keuntungan, termasuk mempertahankan kelenturan tubuh, memperkuat otot, serta membantu penurunan berat badan. 

Olahraga efektif dalam membakar lemak dan kalori, yang dapat mempercepat penurunan berat badan selama masa puasa.

BACA JUGA:Pulau Jawa 'Hilang' Tertutup Awan Siklon Tropis, Apa yang Sebenarnya Terjadi? Begini Penjelasan BMKG

Namun, tantangan muncul ketika harus menyesuaikan jadwal olahraga dengan kondisi tubuh yang berpuasa. Kunci sukses menjalani puasa sambil menurunkan berat badan terletak pada pemilihan waktu olahraga yang tepat. 

Menjaga keseimbangan antara menjalankan ibadah puasa dengan rutinitas olahraga sehingga tidak hanya berat badan yang terkontrol, tetapi juga tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan suci. Inilah beberapa waktu yang cocok untuk olahraga saat menjalani puasa.

1. Sebelum Berbuka Puasa

Melakukan olahraga saat berpuasa dapat dilaksanakan menjelang waktu berbuka atau menjelang Maghrib. Waktu tersebut dipilih karena tubuh umumnya masih memiliki sisa energi yang cukup setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA:Istri Mantan Wakil Bupati Kuningan Gagal Terpilih di Pileg, Ini Nama Anggota Dewan Baru dari PDIP

Tujuan utama dari berolahraga sebelum berbuka adalah untuk menghabiskan sisa energi yang tersimpan sepanjang hari.

Namun, penting untuk berhati-hati karena berolahraga pada waktu ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan hipoglikemia, di mana kadar gula dalam tubuh menjadi rendah. 

Disarankan untuk melakukan olahraga dengan durasi yang sesuai, tidak melebihi 60 menit, dan menghindari aktivitas yang terlalu berat. Lakukanlah bersepeda, jogging, angkat beban ringat, dan olahraga ringan lainnya.

2. Sebelum Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: