Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi di Rumah, Gedung Bertingkat, dan di Dalam Mobil, Simak!

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi di Rumah, Gedung Bertingkat, dan di Dalam Mobil, Simak!

Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi di rumah, gedung bertingkat maupun di dalam mobil.-istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Gempa bumi bisa terjadi secara tiba-tiba di segala waktu dan lokasi, tanpa memilih waktu atau tempat.

Sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang langkah keselamatan diri ketika terjadi bencana alam untuk mencegah terjadinya luka dan menghindari risiko lainnya.

Gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi tanpa peringatan, menimbulkan kepanikan serta kerusakan pada struktur bangunan dan lingkungan

Mengetahui cara menyelamatkan diri saat gempa terjadi menjadi pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk mengurangi risiko cidera atau bahkan kematian.

BACA JUGA:Sering Disepelekan! Berikut 4 Manfaat Sterilisasi Kucing Kampung, yang Wajib Diketahui Pemilik Kucing

Berikut beberapa cara untuk menyelamatkan diri dari kejadian gempa bumi.

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Secara Umum

Saat gempa terjadi, penting untuk tetap tenang dan segera berlindung. Carilah meja atau benda kokoh lainnya untuk berteduh dan lindungi kepala serta leher dengan tangan. Jauhi kaca, jendela, dan benda yang mudah jatuh.

2. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Menunjukan Pantat ke Pemiliknya? Ternyata Ini 4 Alasan Dibaliknya

Jika Anda berada di dalam rumah, segera berlindung di bawah meja yang kokoh atau di sudut ruangan yang jauh dari jendela dan barang yang dapat jatuh. 

Matikan alat elektronik dan gas untuk mencegah kebakaran. Setelah gempa berhenti, periksa jika ada kerusakan yang dapat membahayakan dan segera keluar jika rumah Anda tidak aman.

3. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Gedung Bertingkat

Di gedung bertingkat, hindari menggunakan lift. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi. Berlindunglah di bawah meja atau di dekat pilar utama gedung yang memiliki struktur lebih kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: