Sekilas Terlihat Serupa, Tapi Ternyata Inilah Perbedaan Antara Harimau dengan Macan

Sekilas Terlihat Serupa, Tapi Ternyata Inilah Perbedaan Antara Harimau dengan Macan

perbedaan harimau dan macan-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Dalam pembahasan tentang predator kuat di hutan, ada dua binatang yang sangat ganas dan tak terkalahkan yaitu Harimau dan Macan.

Kedua-duanya merupakan predator puncak dalam rantai makanan, menimbulkan ketakutan, dan sangat dihormati.

Namun, walaupun sering dibandingkan, ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya, baik dari segi penampilan fisik maupun perilaku. Mari kita telusuri perbedaan yang membedakan harimau dan macan.

1. Habitat

Harimau dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan tropis, hutan lembab, hingga savana. Mereka cenderung lebih suka area dekat air dan sering terlihat di sepanjang sungai dan danau.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Jalan Cipasung-Subang Sudah Dibuka Lagi, Sekda Dian Pastikan Penanganan Longsor Sampai Tuntas

Di sisi lain, Macan lebih memilih tinggal di daerah-daerah yang lebih kering seperti savana, padang rumput, dan hutan belukar.

Mereka tidak terlalu bergantung pada air dan bisa bertahan hidup tanpa minum untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Pola Makan

Harimau adalah pemangsa yang rakus, memakan hampir semua binatang yang bisa mereka tangkap, termasuk rusa, babi hutan, gajah muda, bahkan buaya kecil. Mereka cenderung berburu secara sendirian.

Sementara itu, Macan juga predator yang hebat, tetapi biasanya memilih mangsa yang lebih kecil seperti rusa, kijang, babi hutan, dan monyet. Mereka juga mampu berburu dalam kelompok untuk mangsa yang lebih besar.

BACA JUGA:Mengenal 7 Jenis Anjing Termahal di Dunia, Harganya Bisa Sampai Ratusan Ribu Dollar!

3. Perilaku dan Karakteristik

Harimau cenderung soliter dan territorial. Mereka memiliki wilayah kekuasaan yang luas dan keras dalam mempertahankannya terhadap harimau lain, terutama jantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: